Waspada, ini 7 Jenis Makanan yang Dapat Memicu Penyakit Jantung

Rabu 25-09-2024,21:00 WIB
Reporter : Zidan Fazha
Editor : Hilmi Pramudya

RADARTASIKTV.ID - Berbagai faktor dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung, dan salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Makanan apa saja yang dapat memicu penyakit jantung?

Penyakit jantung ditandai oleh penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh akumulasi plak pada dinding arteri, yang dapat menyebabkan sumbatan pada arteri.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hotel Murah Terbaik Di Pangandaran, Tempat Nyaman Fasilitas Lengkap, Lokasi Dekat Pantai

BACA JUGA:Warna Lipstik Ternyata Bisa Menunjukan Kepribadian Anda, Cek Selengkapnya Disini

Masalah kesehatan ini tidak lagi terbatas pada usia tertentu dan dapat berpotensi mengancam jiwa. Oleh karena itu, pencegahan sejak dini sangatlah penting.

Selain memeriksa kesehatan jantung, penting juga untuk menjaga kesehatan dengan menghindari makanan yang dapat memicu penyakit jantung.

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger sering kali dikaitkan dengan risiko serangan jantung.

Walaupun tidak semua, Regina Druz, profesor kardiologi di Hofstra University, menjelaskan bahwa lemak jenuh dari produk hewani berdampak pada kesehatan jantung.

"Khususnya ketika dikombinasikan dengan karbohidrat, yang dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan jantung," ujar Druz seperti dikutip dari Time.

Jika ingin menikmati burger, sebaiknya hindari restoran cepat saji. Tempat makan seperti ini sering menggunakan bahan berkualitas rendah dan metode memasak yang kurang sehat.

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti bacon dan sosis umumnya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Bahkan produk daging olahan yang diklaim rendah lemak bisa mengandung banyak garam, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Alih-alih hanya mengandalkan obat untuk menurunkan tekanan darah, Laxmi Mehta, direktur Program Kesehatan Jantung Wanita, menyarankan agar Anda lebih memfokuskan perhatian pada penyesuaian pola makan.

Kategori :