Berawal Dari Hobi, Pria Asal Ciamis Produksi Alat Musik Gitar Custom yang Mendunia

Berawal Dari Hobi, Pria Asal Ciamis Produksi Alat Musik Gitar Custom yang Mendunia

Berawal Dari Hobi, Pria Asal Ciamis Produksi Alat Musik Gitar Custom, Produk Gitar Bisa Tembus Hingga Pasar Malaysia--Nurohman

Berawal Dari Hobi, Pria Asal Ciamis Produksi Alat Musik Gitar Custom, Produk Gitar Bisa Tembus Hingga Pasar Malaysia

 

RADAR TASIK TV - Ilham Firdaus, warga Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis ini belakangan mencoba menyalurkan bakatnya dengan memproduksi gitar custom. Ia mengalihkan fungsi ruangan dapur rumahnya menjadi bengkel produksi gitar yang sederhana.

Dibuat dengan menggunakan alat tradisional seadanya dan mayoritas manual, gitar buatan tangan Ilham Firdaus yang diberi nama "I Am" ini ternyata mampu bersaing dengan gitar buatan pabrik. Bahkan gitar yang dibuatnya sendiri ini tembus ke pasar luar negeri seperti Malaysia.

BACA JUGA:Diduga Lapuk, Rumah Warga Di Balokang Banjar Ambruk, Begini Nasib Korban Sekarang

BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Sosok Bubung Kurniawan Pernah Lakukan Ini Saat Masih Sekolah

Berawal dari hobi bermain musik, keterampilan membuat jenis alat musik petik itu ia pelajari secara otodidak. Meski tidak dibekali dengan permodalan yang mumpuni, sebanyak 130 lebih gitar akustik dan elektronik hasil karyanya ini berhasil diproduksi dan dipasarkan.

Ilham mengatakan , karena keterbatasan modal dan peralatan, ia mampu menyelesaikan 1 buah gitar dengan waktu 2 minggu. Sementara itu, selain memproduksi gitar di bengkelnya juga menerima service atau perbaikan gitar yang rusak.

Menurutnya, setiap gitar custom yang ia produksi biasanya para konsumen memesan terlebih dahulu model dan bahan gitarnya.

Dari 1 buah gitar ia banderol dengan harga mulai 300 ribu hingga 8 juta rupiah tergantung dari bahan baku yang mempengaruhi kualitasnya.

Ilham berharap kedepan bisa mendapatkan bantuan modal dari pemerintah untuk bisa mengembangkan usahanya. Sehingga dapat memasarkan hasil karyanya lebih luas lagi dan membawa nama baik Kabupaten Ciamis dalam industri rumahan di bidang alat musik gitar.

BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Sosok Bubung Kurniawan Pernah Lakukan Ini Saat Masih Sekolah

BACA JUGA:Pj Bupati Ciamis Lepas Kontingen Porsenitas Ke-Xi Di Cilacap, Pemkab Ciamis Targetkan Raih Juara Ke 3

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: