Sering Merasa Panik Attack? Kenali Ciri, Penyebab dan Beberapa Tips Untuk Meredakannya

Sering Merasa Panik Attack? Kenali Ciri, Penyebab dan Beberapa Tips Untuk Meredakannya

Sering Merasa Panik Attack? Kenali Ciri, Penyebab dan Beberapa Tips Untuk Meredakan Saat Terjadinya Panik Attack--solopos.com

Para peneliti menunjukan bahwa kemungkinan serangan panic attact adanya factor dari genetik. Kemungkinan mecenderungan saat mengalami panic attact bisa saja terjadi secara turun temurun dalam keluarga.

Faktor psikologi

Faktor psikologis juga berperan dalam serangan panic attact, salah satunya adanya traumatis di masa lalu. Trauma dapat meningkatkan tingkat stres, stres ini dapat mempengaruhi sistem saraf yang berkontribusi pada resiko serangan panik.

Selain itu reaksi respons tubuh terhadap ancaman atau stres ini dapat menyebabkan denyut jantung yang berbedat lebih kencang, keluarnya keringat dingin, datangnya rasa mual, serta pernafasan yang cepat dan gejala fisik lainnya.

Faktor sosial

Ternyata faktor sosial juga dapat mempengaruhi serangan panic attac, contohnya hubungan interpersoanal atau situasi soaial tertentu yang dapat menyebabkan panik atau kurangnya dukungan sosial hubungan yang kurang mendukung secara emosional dapat meningkatkan serangan panik.

Bahkan sosial media pun bisa0 jadi dapat mempengaruhi psikologis anda lho! jadi kita harus bisa mem-filter sosial media mana yang baik untuk kita ikutin.

Lalu ada gak sih, cara kita untuk mengatasi apabila terjadinya serangan panik attack? tentunya ada beberapa cara untuk mengatasi apabila terjadinya serangan panic attact terjadi! 

  • Tarik nafas secara teratur 

Untuk mengatasi saat munculnya perasaan panik atau panic attack, coba kontrol pernafasa  dengan cara tutup mata, lalu letakan tangan diarea perut atau data, dan tarik nafas dalam- dalam lalu hembuskan secara perlahan.

  • lakukan teknik relaksasi otot, 

Selain itu, kamu bisa menggunakan cara lain seperti, menutup mata sambil meregangkan dan menghentakan kaki untuk membantu mengatur hembusan nafas. Latihan ini dapat dilakukan secara teratur untuk meminimalisir terjadinya serangan panik secara tiba.

BACA JUGA:Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Mengurangi 6 Putih, Apa Itu Makanan Putih? Ini Penjelasannya...

BACA JUGA:Yuk Mengenal Mental Health, Kesehatan Mental Wajib Kita Jaga!

  • teknik grounding 

Sebagai contoh, lihatlah benda-benda di sekitarmu seperti gelas, piring, buku, handphone, pintu, atau benda-benda lainnya.

Atau kamu juga bisa mendengarkan suara-suara menenangkan di sekitarmu seperti rintik hujan, suara musik relaksasi, musik favorit kamu, atau suara air mengalir juga dapat membantu meredakan panik attack.

Kamu juga bisa sambil mengcium aroma yang ada di sekitarmu aroma tang menenangkan, seperti aroma makanan, parfum, atau aroma lainnya.

  • fokuskan fikiran pada sebuah objek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: