Konon Katanya PCOS Ini Bikin Susah Hamil, Emang Apasih PCOS Itu?

Konon Katanya PCOS Ini Bikin Susah Hamil, Emang Apasih PCOS Itu?

Konon Katanya PCOS Ini Bikin Susah Hamil, Emang Apasih PCOS Itu? (Foto: Freepik)--

BACA JUGA:Kenali Nyeri Haid yang Normal dan Tidak normal, Plus Cara Mengtasinya

BACA JUGA:Kunyit untuk Nyeri Haid Bisa Atasi Salah Satu Penderitaan Ladies 

Hal ini membuat banyak wanita baru menyadari kemungkinan mereka mengalami PCOS ketika sudah mengalami kesulitan untuk hamil. Lalu apa saja gejala PCOS yang perlu diwaspadai?

1. Gangguan Menstruasi

Wanita dengan PCOS sering mengalami menstruasi yang tidak teratur. Siklus menstruasi mereka bisa menjadi sangat jarang, misalnya hanya terjadi setiap 3 bulan sekali atau bahkan lebih jarang.

Ketika menstruasi akhirnya terjadi, darah yang keluar biasanya sangat banyak dan bisa berlangsung lebih lama dari biasanya. Selain itu, beberapa wanita dengan PCOS juga mengalami menstruasi yang sangat menyakitkan.

Ketidakteraturan ini disebabkan oleh gangguan ovulasi, di mana ovarium tidak melepaskan sel telur setiap bulan seperti yang seharusnya terjadi dalam siklus menstruasi normal.

2. Hormon Androgen yang Berlebih

Peningkatan hormon androgen dalam tubuh wanita dengan PCOS dapat menyebabkan perubahan fisik yang biasanya terjadi pada pria.

Misalnya, mereka mungkin mengalami pertumbuhan rambut yang berlebihan di area wajah seperti kumis atau jenggot, serta bulu-bulu di area tubuh lainnya seperti dada, punggung, dan perut.

Kondisi ini disebut hirsutisme. Sebaliknya, beberapa wanita dengan PCOS mungkin mengalami kebotakan dengan pola yang mirip dengan kebotakan pada pria, yaitu penipisan rambut di bagian atas kepala.

Selain itu, peningkatan hormon androgen juga dapat menyebabkan jerawat parah yang sulit diatasi, sering kali muncul di wajah, punggung, dan dada.

BACA JUGA:Girlies! Jangan Khawatir Jika Menstruasimu Tidak Lancar, Bahan Alami Ini Bisa Bantu Mengatasinya

BACA JUGA:Hi Ledies, Yuk Bikin Jus Untuk Mengatasi Kista dan Mengatur Siklus Menstruasi Pakai Sayuran dan Buah Ini

3. Masalah Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: