Inilah 7 Kesalahan Pola Asuh Pada Anak, Apakah Parentingmu Termasuk?

Inilah 7 Kesalahan Pola Asuh Pada Anak, Apakah Parentingmu Termasuk?

7 Kesalahan Pola Asuh Pada Anak, Apakah Parentingmu Termasuk? (Foto: Freepik)--

BACA JUGA:Penting, Bunda Wajib Tahu! 4 Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Bermain HP

Namun, sering kali, pendekatan yang terlalu ketat atau terlalu longgar dapat menimbulkan masalah yang perlu diwaspadai. Lalu apa saja yang menjadi kesalahan-kesalahan orang tua dalam pola asuh anak?

1. Terlalu Banyak Aturan

Orang tua seringkali memberikan aturan dengan niat baik untuk membentuk disiplin dan memastikan anak tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Namun, terlalu banyak aturan dapat menghambat eksplorasi dan ekspresi anak. Anak mungkin merasa terkekang dan kurang dihargai, sehingga mempengaruhi perkembangan emosi mereka.

Penting untuk membuka ruang bagi anak untuk berpendapat dan mengatur hidup mereka sendiri dalam batas yang wajar, dengan pendekatan yang lebih kolaboratif saat mereka semakin dewasa.

2. Terlalu Sedikit Aturan

Sebaliknya, pola asuh tanpa aturan atau minim aturan juga dapat berdampak negatif.

Anak-anak yang tumbuh tanpa panduan yang jelas cenderung mengalami kesulitan dalam memahami norma sosial dan tanggung jawab pribadi.

Keberadaan aturan membantu anak untuk membangun struktur internal yang penting untuk perkembangan sosial mereka di lingkungan yang lebih luas.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu, 5 waktu Dilarang Marah Pada Anak, Yuk Lebih Bijak Lagi Dalam Menghargai Kehadiran Anak

BACA JUGA:Ingat, Ini Cara Menghukum Anak Yang Tidak Diperbolehkan Dalam Islam, Nomor 2 masih Sering Dilakukan Orang Tua

3. Memanjakan Anak

Memanjakan anak dengan melakukan segala sesuatu untuk mereka tanpa membiarkan mereka berusaha dapat menghambat perkembangan kemandirian.

Memberikan dukungan yang sesuai dengan usia anak, seperti memberikan tugas-tugas yang dapat mereka lakukan sendiri atau mendorong mereka untuk menabung untuk memperoleh sesuatu yang mereka inginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: