Hemat Bukan Berarti Pelit! Ini Dia 8 Tips Hemat Ala Anak Kos Biar Gak Bikin Boncos Pengeluaran

Hemat Bukan Berarti Pelit! Ini Dia 8 Tips Hemat Ala Anak Kos Biar Gak Bikin Boncos Pengeluaran

Hemat Bukan Berarti Pelit! Ini Dia 8 Tips Hemat Ala Anak Kos Biar Gak Bikin Boncos Pengeluaran (Foto: Freepik)--

RADAR TASIK TV - Ngekos memang menjadi hal yang mengajarkan kita untuk lebih mandiri, karena kita akan terbiasa melakukan semua hal sendiri seperti mengatur keuangan, merencanakan pengeluaran, dan mengelola waktu sebaik mungkin. 

Pengeluaran tak terduga biasanya pernah dialami oleh setiap orang yang baru pertama kali ngekos, maka perlunya mengatur keuangan dan menghemat pengeluaran agar bisa mengetahui kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan setiap hari dan tidak melebihi batas pengeluaran.

Nah biar kamu gak stres mengatur keuangan, ada 8 tips yang bisa membuat pengeluaranmu jadi sangat minimalis, yuk simak tips hemat ala anak kos berikut 

1. Masak Nasi

Jangan biasakan untuk membeli nasi dari luar setiap hari, lebih baik kamu memasak nasi sendiri dikos. Selain kamu bisa menghemat pengeluaranmu kamu juga bisa makan nasi dengan porsi yang kamu mau, memang agak ribet tapi akan jauh lebih hemat.

2. Bawa Bekal

Ketika kamu pergi kuliah atau bekerja, bawalah bekal air minum ndan makanan yang kamu siapkan dari kosan agar nanti saat jam makan siang.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan dari luar, apalagi harga makanan yang dijual dikantin biasanya sedikit lebih mahal dan dengan bawa bekal kamu bisa jadi lebih hemat.

BACA JUGA:Tips Receh Cara Menyimpan Sisa Kol dan Potongan Jeruk Nipis Agar Tetap Segar, Cara Sederhana Ini Bikin Hemat

3. Beli Lauk Mateng

Buat kamu yang dikosnya tidak menyediakan dapur umum, kamu bisa hanya memasak dari dari kos lalu untuk lauknya kamu bisa beli lauk yang sudah matang diwarung nasi.

Selain hemat waktu, dan kamu tidak perlu repot memasak dengan pilihan menu masakan yang beragam kamu bisa memilih menu berbeda setiap harinya agar tidak bosan.

4. Stok Makanan

Untuk kamu yang ngekos dan biasanya tidak tersedia kulkas, dan agar tidak membeli lauk setiap hari, kamu bisa stok makanan kering, frozen, dan sambal yang memang bisa bertahan lama disuhu ruang.

Setiap kali kamu ingin makan tinggal memasak nasi dan makan dengan lauk yang sudah ada didalam kamar kos, tapi kalau kamu ingin makan dengan sayuran, kamu tinggal beli sayurannya saja di warteg dan makan dengan nasi masakanmu dikos.

BACA JUGA:Bahan Makanan Gampang Busuk, Bikin Boros Uang Bulanan? Begini Tips Mengatasinya Auto Tahan Lama

Walaupun hanya makan nasi ditambah abon dengan sambel saja rasanya sudah enak sekaligus menghemat pengeluaranmu. Kecuali kalau kamu merasa ingin tetap makan makanan enak, boleh saja namun dibatasi seperti satu minggu hanya satu kali saja jika kamu ingin menghemat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: