Pembangunan Bendungan Leuwikeris Telan Biaya Rp 3,5 T, Jokowi Sebut Sebagai Bendungan Termahal

Pembangunan Bendungan Leuwikeris Telan Biaya Rp 3,5 T, Jokowi Sebut Sebagai Bendungan Termahal

Pembangunan Bendungan Leuwikeris Telan Biaya Rp 3,5 Triliun, Jokowi Sebut Sebagai Bendungan Termahal Di Indonesia--Fajar

RADARTASIKTV.ID - Inilah Bendungan Leuwikeris yang membelah Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis. Bendungan ini dibangun selama delapan tahun, yakni sejak tahun 2016 hingga tahun 2024.

Kamis siang, mega proyek Leuwi Keris diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Presiden mengklaim dari 45 bendungan yang sudah diresmikan, Bendungan Leuwikeris menjadi yang termahal.

BACA JUGA:Perumdam Tirta Anom Apresiasi Rencana BBWS Citanduy Bakal Bangun Sumur Bor Jelang Penutupan Leuwikeris

BACA JUGA:Jelang Diresmikan, Pemkot Banjar Siap Manfaatkan Air Leuwikeris Untuk DItampung di Situ Leutik

Pembangunanya menelan anggaran fantastis tiga koma lima trilyun rupiah. Daya tampung Bendungan Leuwikeris sebanyak 81 koma empat puluh empat juta meter kubik.

Selain sediakan air baku sebesar 845 liter per detik, Bendungan Lewikeris bisa mengairi belasan ribu hektar lahan pertanian di Ciamis dan Banjar Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Pembangunan Bendungan Leuwikeris sendiri menghabiskan anggaran termahal Rp 3,5 triliun. Daya tampung bendungan ini cukup besar yakni mencapai 81,44 juta meter kubik. Maka mampu menyediakan air baku sebesar 845 liter per detik bagi Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis serta aliri lahan pertanian belasan ribu,” ujar Joko Widodo.

Selain meresmikan Bendungan Leuwikeris, Presiden Joko Widodo juga resmikan 16 jembatan Callender Hamilton dan 22 ruas jalan Inpres di Jawa Barat. Peresmian dilakukan di jembatan Parungsari, Banjar Jawa Barat.

Jembatan yang diresmikan berasal di delapan kota dan Kabupaten di Jawa Barat dengan panjang 1.030 meter. Sementara jalan yang diresmikan sejauh 121 kilometer di 13 kota dan Kabupaten di Jawa Barat. Total anggaran jembatan dan jalan ini mencapai dua setengah trilyun rupiah.

BACA JUGA:Meskipun UMR-Nya Kecil, Inilah Alasan Kenapa Banyak Orang Merindukan Kota Jogja dan Betah Tinggal di sana!

BACA JUGA:Pasar Reboan di Sekitar Mesjid Agung Selalu Ramai Pengujungi, Berjualan Sembari Mencari Berkah

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: