Bye-Bye Obat Kimia, Kenali 6 Cara Mengobati Batuk Pilek Dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Bye-Bye Obat Kimia, Kenali 6 Cara Mengobati Batuk Pilek Dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek dengan Bahan Alami (Foto by Freepik)--

Agar lebih banyak manfaat, kamu juga bisa mengkombinasikan jahe dengan kunyit. Hasil yang didapatkan dari kombinasi tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari penyakit termasuk batuk pilek.

2.  Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyerang virus flu. Makanan yang mengandung vitamin C biasanya terdapat pada buah-buahan, seperti jeruk nipis, lemon, dan jenis jus jeruk lainnya.

Caranya dengan menambahkan perasan jeruk lemon atau jenis lainnya kedalam campuran teh dan madu. Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin selama terkena batuk pilek, maka dapat membantu kamu mendapatkan vitamin C yang dapat meredakan infeksi pada saluran pernapasan.

BACA JUGA:5 Bahan Ramuan Herbal Alami Untuk Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan, Badan Tetap Bugar Gak Gampang Sakit

BACA JUGA:Sendi Lutut Terasa Sakit? Atasi dengan Air Kelapa dan Nanas, dr. Gustafianza Bagikan Resepnya

3.  Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu malawan kuman penyakit, termasuk virus flu. Dengan mengonsumsi madu denga teh serta tambahan lemon, maka dapat meredakan sakit tenggorokan.

Menurut salah satu penelitian mengatakan, dengan memberi anak-anak 10 gram madu sebelum tidur, maka dapat mengurangi gejala batuk pilek yang parah.

Tetapi ingat, jangan memberikan madu kepada anak usia di bawah satu tahun, karena dapat meningkatkan risiko terkena infeksi botulisme. Jadi, hindarilah menggunakan madu sebagai obat batuk pilek untuk bayi.

4.  Bawang Putih

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih memiliki efek antivirus yang dapat mencegah batuk pilek, serta mempercepat penyembuhan penyakit.

Kandungan minyak allicin yang memiliki sifat antimikroba pada bawang putih juga dipercaya ampuh melawan batuk pilek. Dengan makan bawang putih mentah-mentah bisa menjadi cara yang baik untuk mengatasi flu.

Tetapi, jika kamu tidak suka dengan baunya, kamu bisa mencampur irisan bawang putih ke dalam berbagai masakan, seperti sayur sop, sayur bayam, dll.

Atau bisa juga dengan cara mencampurkannya dengan madu. Caranya, seduh bawang putih dengan air hangat lalu tambahkan 2 sendok madu, lalu aduk sampai rata. Dalam segelas air hangat untuk diminum setiap pagi dan malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: