Bingung Dengan Masalah Ketombe? Ini Cara Alami Mengatasi ketombe Membandel

Bingung  Dengan Masalah Ketombe? Ini Cara  Alami  Mengatasi ketombe Membandel

Bingung mengatasi Ketombe? berikut Cara Alami Yang Mampu Menghilangkan ketombe Anda(foto by pinterest)--

RADARTASIKTV - Masalah Ketombe sering kali Membuat Kulit Kepala Menjadi Gatal Sehingga Membuat Seseorang Tidak Nyaman.

Ketombe sering kali muncul pada orang yang  jarang keramas atau bisa juga kurang dalam menjaga kebersihan rambut, sehingga rambut mudah terkena ketombe.

Ketombe juga bisa muncul akibat produksi sabun atau minyak yang berlebihan di kulit kepala, perubahan hormon, stres, bisa juga dari penyakit tertentu seperti kulit kepala berjamur, dermatitis seboroik dan psoriasis.

BACA JUGA:4 Jenis Makanan ini Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat, Yuk Simak

BACA JUGA:Sering Main HP Saat BAB? Hentikan Sekarang Juga Karena Punya 6 Resiko Penyakit Serius

Walaupun masalah ketombe tersebut tidak berbahaya namun ketombe dapat mengganggu penampilan, mengakibatkan gatal pada kulit kepala sehingga dapat membuat tidak nyaman dan membuat baju terlihat kotor ketika ketombe rontok.

Perlu kita ketahui bahwa muncul nya ketombe sejak usia pubertas dan mereda di usia 50 tahunan dan yang menjadi garis besar nya yaitu ketombe bisa dialami oleh 50% orang dewasa yang mana dominan terjadi pada kulit kepala kaum laki-laki.

Jangan Khawatir bila masalah ketombe belum terselesaikan, ada beberapa cara alami yang dapat mengusir ketombe di kulit kepala anda dan bisa di lakukan sendiri di rumah.

Berikut Beberapa Cara Alami Untuk Menghilangkan Ketombe:

1. Mengoleskan Minyak Kelapa

Minyak kelapa berasal dari ekstrak daging kelapa segar ataupun daging kelapa yang telah di keringkan, minyak kelapa ini mampu membuat kulit kepala dan rambut lebih lembab serta dapat menghaluskan juga menyuburkan rambut.

BACA JUGA:Tak Disangka, ini Dampak Pada Tubuh Jika Kamu Sarapan Telur Setiap Hari

BACA JUGA:5 Rekomendasi Makanan dan Minuman Diet Rendah Kalori di Indomaret, Harga Ramah Dikantong

Berikut cara pemakainnya yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kelapa kebagian kulit rambut, pijat secara perlahan lalu diamkan selama satu malam, setelah itu pagi nya keramas seperti biasa agar kulit rambut lebih bersih dan wangi.

2. Mengoleskan Lidah Buaya

Semua orang pasti tahu dengan tanaman lidah buaya yang mungkin jarang orang tahu juga bahwa tanaman lidah buaya tersebut salah satu tanaman yang mampu mengatsi ketombe.

Kandungan yang ada pada lidah buaya yaitu antiradang dan antijamur yang bisa mengatasi peradangan di kulit kepala yakni ketombe, lidah buaya juga mampu meredakan rasa gatal di kulit kepala dan dapat menguatkan rambut.

Adapun Cara pemakain Lidah Buaya Bebagai Berikut:

. Kupas terlebih dahulu lidah buaya lalu lumatkan 1 batang saja, setelah itu campurkan lidah buaya yang telah di lumatkan dengan 1 sendok minyak kelapa.
. Oleskan racikan lidah buaya tersebut ke rambut dan kulit kepala, setelah merata tutup rambut menggunakan penutup kepala ( shower cap )setelah itu tuutp rambut dengan menggunakan handuk.
. Diamkan selama 30 menit, lalu keramas sampai rambut bersih dan wangi, lakukan perawatan ini selama seminggu sekali sampai ketombe hilang.

3. Mengoleskan Air Lemon

Lemon juga merupakan salah satu buah yang bisa mengatasi ketombe yaitu dengan perasan air lemon, buah lemon ini di percaya dapat menghilangkan ketombe karena ada sifat antijamur didalam lemon.

BACA JUGA:Makarios Fitness Centre Tasikmalaya: Tempat Gym Terbaik Untuk Membentuk Berat Badan Ideal

BACA JUGA:Aman Dari Paparan Sinar UV, ini 5 Rekomendasi Sunscreen Ampuh untuk Mencegah Kulit Gosong 

Dan Untuk Cara Pemakain nya yaitu:

. Siapakan 2 sendok teh air perasan lemon.
. Oleskan ke bagian kulit kepala hinga merata.
. Selanjut nya diamkan selama beberapa menit.
. Terakhir bilas rambut secara bersih dan merata agar tidak ada sisa bau dari perasan air lemon tadi.

4. Menjalani Pola Makan Sehat

Penelitian menunjkan bahwa melakukan pola makan yang sehat mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus yang berperan sebagai menjaga daya tahan tubuh, hal ini dapat mencegah infeksi jamur penyebab ketombe.

Makanan yang kaya akan zinc dan vitamin B merupakan makanan yang sehat yang dapat mencegah ketombe, namun asupan omega 3 juga dapat mencegah terjadi nya ketombe.

Maka dari itu jika tidak ingin bermasalah dengan ketombe mulailah dengan menjalani pola makan yang sehat hindari makann yang tidak sehat seperti makan makanan pedas yang berlebihan agar terhindar dari masalah ketombe.

Nah selain cara alami diatas ada juga cara untuk mencegah ketombe nih, berikut penjelasannya:

Ketombe juga dapat di cegah dengan keramas secara rutin, namun perlu di perhatikan juga jika kulit kepala anda berminyak bisa keramas setiap hari, tapi jika kilit kepala anda kering alangkah baik nya cukup keramas 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Hindari juga emakian produk penata rambut seperti hair spray hal tersebut dapat memicu kulit kepala lebih berminyak akhirnya membuat kulit kepala berketombe.

Cara pencegahan selanjut nya yaitu dengan menggunakan shampoo antiketombe yang mengandung coal tar, pyrithione zinc, sulfur, asam salisilat, selenium selfida, atau ketoconazole yang mana pemakaina tersebut hanya disaran kan 2 kaali seminggu.

Berikut beberapa tips cara alami untuk menghilangkan dan mencegah ketombe pada kulit kepala anda, jika salah satu langkah tersebut sudah dilakukan namun ketombe masih belum hilang maka disarankan untuk konsultasi langsung dengan dokter agar dapat diperiksa penyebab ketombe anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: