Mengenal Rumah Adat Jawa Tempat Asal DianSastroWardoyo

Mengenal Rumah Adat Jawa Tempat Asal DianSastroWardoyo

RADAR TV - Pertama-tama rumah adat jawa, rumah yang membuat nyaman, serta kesederhanaannya membuat rumah ini menjadi mewah, dengan semua kayu, dan kelengkapan dalam rumah kursi, meja, ranjang, dan perabotan lain kebanyakan dari kayu. Baca Juga : https://radartasikmalaya.tv/rumah-apung-di-berbagai-dunia/ Demikian, rumah yang orang Jawa ngomong in namanya rumah joglo, rumah adat jawa, masih dipertahankan sampai hari ini, tidak sedikit artis dari jawa ada Dian Sastrowardoyo ada Irfan Hakim. Terakhir Irfan Hakim juga membuat rumah joglo dirumahnya saking cinta dengan budaya Jawa. Selain sederhana, dan nyaman rumah joglo ini juga mengandung nilai budaya Jawa yang dianut etnis Jawa dalam menjalani kehidupan. Baca Juga : https://radartasikmalaya.tv/?p=7828&preview=true Demikian Jawa terkenal ulet, tekun, kokoh pendiriannya, berikut nilai yang dianut Rumah adat jawa : Baca Juga : https://radartasikmalaya.tv/mengenal-rumah-adat-minangkabau-tempat-asalnya-artis-bunga-citra-lestari/

1. Pendhapa Bagian Depan Rumah Adat Jawa

Pendhapa berbentuk persegi dan memiliki empat tiang (soko guru) yang berada di tengah, serta tidak memiliki pembatas di keempat sisinya sebagai lambang keterbukaan pemilik rumah pada siapapun yang datang ke rumah.

2. Pringgitan Bagian Depan Rumah Adat Jawa

Selanjutnya Pringgitan, ini terletak antara pendapa dan rumah dalam (omah njero). Selain itu, digunakan untuk jalan masuk, lorong juga kerap digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit. Bentuk dari pringitan seperti serambi berbentuk tiga persegi dan menghadap ke arah pendopo. Baca Juga : https://radartasikmalaya.tv/tips-untuk-kamu-yang-mau-mengecilkan-lengan-atas-ala-anya-geraldine/

3. Emperan Bagian Lain Rumah adat Jawa

Dilanjutkan, emperan digunakan untuk menerima tamu, tempat bersantai, dan kegiatan publik lainnya. Pada emperan biasanya terdapat sepasang kursi kayu dan meja.

4. Omah Dalem

Demikian, masyarakat Jawa juga digunakan sebagai istilah yang mencakup arti kedomestikan, yaitu sebagai sebuah unit tempat tinggal.

5. Senthong Kiwa

Selanjutnya, Berada di sebelah kiri Ada yang berfungsi sebagai kamar tidur, gudang, tempat menyimpan persediaan makanan.

6. Senthong Tengah

Dilanjutkan, ditengah bagian dalam, karena letaknya yang berada jauh di dalam rumah, bagian ini berfungsi sebagai tempat menyimpan benda-benda berharga.

7. Senthong Tengen

Setelah itu, senthong tengen ini sama seperti Senthong kiwa, baik fungsinya maupun pembagian ruangannya.

8. Gandhok

Terakhir, gandhok ialah bangunan tambahan yang letaknya mengitari sisi belakang dan samping bangunan inti.

Kesimpulan

Banyak makna dan sederhana bukan rumah joglo tidak salah Dian Sastrowardoyo bangga jadi orang Jawa, dan Irfan Hakim bikin rumah joglo dirumahnnya, ayo bangga dengan rumah joglo warisan etnis jawa untuk Indonesia.****

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: