Ternyata Manusia Dengan Umur Diatas 65 Tahun Butuh Tidur Siang Lebih Lama, Ini Alasannya...

Ternyata Manusia Dengan Umur Diatas 65 Tahun Butuh Tidur Siang Lebih Lama, Ini Alasannya...

Orang dengan usia diatas 65 tahun cenderung butuh waktu tidur lebih lama--

RADAR TASIK TV - Kita semua tahu betapa nikmatnya tidur siang. Itu saat-saat langka ketika kita bisa merileksakan tubuh dan pikiran sejenak, jauh dari keramaian dan tekanan aktivitas sehari-hari.

Namun, apa yang mungkin belum banyak kita ketahui adalah bahwa durasi tidur siang yang ideal sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan usia kita. 

1. Bayi (0-12 bulan)

Untuk para bayi, tidur siang adalah bagian penting dalam pertumbuhan mereka. Mereka biasanya tidur sekitar 3-4 kali sepanjang hari, masing-masing durasinya berkisar antara 2 hingga 4 jam. Ini diperlukan untuk mendukung perkembangan fisik dan mental mereka yang pesat.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Tidur Siang, Ternyata Manfaatnya Bisa Memperbaiki Mood Hingga Meninggkatkan Kesehatan Jantung

2. Anak-anak (1-5 tahun)

Anak-anak prasekolah juga membutuhkan tidur siang untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Idealnya, mereka harus tidur siang selama 1-2 jam setiap hari. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, beberapa anak mungkin mulai menolak tidur siang.

3. Anak-anak Sekolah (6-12 tahun)

Durasi tidur siang bagi anak-anak sekolah biasanya lebih pendek dibandingkan dengan anak-anak lebih muda. Sebagian besar dari mereka hanya memerlukan tidur siang selama 30-60 menit untuk merasa segar dan berenergi selama sisa hari.

4. Remaja (13-18 tahun)

BACA JUGA:Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat: Solusi Akselerasi Kemandirian Pangan dan Ekonomi Desa Sukanagalih

Remaja juga masih memerlukan tidur siang, tetapi durasinya mungkin lebih singkat. Tidur siang selama 20-30 menit bisa membantu mereka tetap fokus dan menghindari rasa kantuk berlebihan saat belajar atau beraktivitas.

5. Dewasa (19-64 tahun)

Dewasa seringkali memiliki jadwal yang padat, yang membuat tidur siang jarang terjadi. Namun, jika memungkinkan, tidur siang selama 10-30 menit bisa memberikan penyegaran yang sangat dibutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: