Rahasia di Balik Berhasilnya Mendaki Gunung: Tips Naik Gunung yang Wajib Anda Ketahui!

Rahasia di Balik Berhasilnya Mendaki Gunung: Tips Naik Gunung yang Wajib Anda Ketahui!

Sumber: pexels.comEric Sanman--

Radar Tasik TV – Naik gunung merupakan kegiatan yang menantang namun menyenangkan. Menaiki gunung adalah aktifitas yang menguji kondisi fisik kita sebab kita memerlukan keterampilan, daya tahan dan juga persiapan yang baik. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh komunitas pecinta alam ataupun orang yang ingin mengeksplorasi keindahan alam. 

Naik gunung memiliki tingkat kesulitan tersendiri, sebab ada gunung yang mudah untuk didaki namun ada pula gunung yang sangat ekstrem dan sulit untuk didaki secara teknis.

Selain itu, ada juga beberapa gunung yang memiliki rute pendakian yang mudah dan ramah bagi pendaki pemula, disaat bersamaan ada juga gunung yang memerlukan keterampilan teknis, aklimatisasi dan juga pengetahuan yang khusus sebab ketinggiannya.

BACA JUGA:Yuk, Kunjungi 5 Tempat Bersejarah di Surabaya Ini!

Sebelum kamu ingin naik gunung, simak tips berikut ini agar tidak salah!

1. Siapkan Fisik dan Mental

Sebelum naik gunung, kamu harus memastikan jika kondisi mental dan fisikmu sudah siap. Sebab jika mentalmu kuat dan stabil, maka kamu tidak perlu khawatir untuk merasakan panik saat mendaki

Kamu juga harus yakin jika kondisi fisikmu cukup kuat, hal ini agar mencegah kamu tidak mudah kelelahan saat mendaki. Jika kondisi fisikmu terbilang lemah, ditakutkan kamu akan mudah kelelahan sehingga akan menghambat pendakian. Kamu bisa berlatih fisik dengan rutin sebelum mendaki, hal ini agar otot dan organ pernapasan kamu tidak kaget saat berhadapan dengan keadaan ekstrim. 

Mendaki ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang memiliki gangguan pernapasan. 

2. Persiapan Sebelum Mendaki

Sebelum kamu naik gunung, maka pastikan jika persiapan dan peralatan kamu sudah lengkap. Peralatan penting yang bisa kamu bawa adalah pakaian, jaket khusus mendaki gunung, sleeping bag, tas carrier, matras, supply makanan dan minuman, perlengkapan masak, headlamp, kaus kaki, sarung tangan, penutup kepala, survival kit, senter, obat-obatan, powerbank, dan sebagainya. 

Sebelum mendaki gunung, maka kamu harus sarapan terlebih dahulu. Namun kamu perlu sarapan dengan porsi sarapan yang cukup, sebab terkadang memakan bubur saja tidak cukup untuk melewati pendakian yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya. 

BACA JUGA:3 Tempat Wisata di Pusat Kota Surabaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

3. Jaga Asupan Kalori dan Stok Air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: