Tidak Boleh Dilupakan! Ini Daftar 13 Barang Wajib Saat Naik Gunung

Tidak Boleh Dilupakan! Ini Daftar 13 Barang Wajib Saat Naik Gunung

Sumber: freepik.com--

4. Tenda

Tidak cukup dengan sleeping bag dan matras saja saat naik gunung, pendaki juga membutuhkan tenda sebagai tempat bernaung dan beristirahat.

Tenda juga berfungsi untuk melindungi diri dari cuaca atau suhu yang buruk, melindungi dari hewan liar atau serangga, dan sebagai tempat yang aman untuk menyimpan perlengkapan pendakian

5. Pakaian dan Jaket Gunung 

Untuk pakaian usahakan bawa tiga, mulai dari baju, celana, dan dalaman. Pastikan gunakan pakaian yang nyaman dan khusus untuk pendakian. Selain itu, jaket gunung juga sangat diperlukan untuk  melindungi tubuh dari sengatan matahari dan suhu yang dingin di gunung. 

 

6. Jas Hujan

Jas hujan termasuk barang yang wajib dibawa saat naik gunung. Hal ini karena apabila terjadi hujan secara tiba-tiba, kamu tidak perlu khawatir kebasahan.

Pilih lah jas hujan yang ringan sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat di dalam tas. 

7. Sepatu Gunung 

Ketika mendaki gunung, kamu harus menggunakan sepatu khusus mendaki gunung. Hal ini tentunya tidak boleh disepelekan karena sepatu gunung didesain khusus untuk melindungi kaki dari memar dan abrasi hutan belantara yang kasar.

Dengan sepatu gunung saat mendaki, kamu bisa melalui jalanan menanjak dan bebatuan dengan lebih mudah.

8. Gaiters

Gaiter berfungsi untuk melindungi kaki ketika melintasi jalur di semak berduri, medan pasir, jalur berlumpur, dan berair. Alat ini juga mencegah pasir dan kerikil masuk ke dalam sepatu, yang pada gilirannya dapat membuat pendakian menjadi tidak nyaman.

Selain itu, gaiters juga berfungsi sebagai penghangat kaki saat pendakian pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: