Ingin Terhindar Dari Berbagai Penyakit? Ikuti Pola Makan Yang dicontohkan Oleh Rosulullah

Ingin Terhindar Dari Berbagai Penyakit? Ikuti Pola Makan Yang dicontohkan Oleh Rosulullah

Sumber : www.freepik.com--

Yang Artinya: "Jangan sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya, karena dia tidak tahu apa yang dimakan." Karena dia tidak tahu apa makanan yang membawa berkah.

Tidak Berlebihan 

Secara keseluruhan, agama Islam tidak menganjurkan pemeluknya untuk berlebihan dalam hal apa pun, termasuk dalam hal konsumsi makanan. Dalam al Qur'an, Allah swt. Mengatakan:

“ … Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih lebihan” (QS. al A’raf/7: 31)

Adapun dalam sabda Rasulullah Saw sebagaimana yang diriwayatkan oleh imam al Baihaqi,

“Tidaklah anak Adam mengisi penuh suatu wadah yang lebih jelek dari perutnya, cukuplah bagi mereka itu beberapa suap makan yang dapat menegakkan punggungnya, maka seharusnya baginya sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, seperti untuk dirinya (udara)”

Jika dilihat dari perspektif kesehatan, makan makanan yang banyak akan mengganggu lambung, hati, usus besar, dan ginjal. Akibatnya, fungsi organ yang menurun akan berdampak pada metabolisme tubuh.

Cara Rosululloh Minum

Meskipun minum berdiri adalah makruh, tetapi hampir haram, kita harus menghindarinya. Jika kita minum dari botol yang besar, kita mungkin meneguk air dan bernafas dan menghembuskan nafas dari hidung kita saat kita melakukannya.

BACA JUGA:Menjelajahi Warisan Megah, Jumlah Candi yang Mengagumkan di Indonesia

Oleh karena itu, jangan bernafas saat kita melakukannya. Karena saat kita hembus, kita mengeluarkan CO2, atau karbon dioksida, yang akan dicampur dengan air H20 menjadi H2CO3, yang sama dengan cuka, yang membuat minuman menjadi asam.

Untuk alasan yang sama, jangan meniup air panas. Setelah Anda minum, ambil seteguk, bernafas, dan bernafas lagi sampai Anda habis.

Ini adalah sedikit nasihat tentang cara Rasulullah makan dan minum. Semoga artikel ini dapat membantu kita menjalani kehidupan yang sehat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: