Ingin Terhindar Dari Berbagai Penyakit? Ikuti Pola Makan Yang dicontohkan Oleh Rosulullah

Ingin Terhindar Dari Berbagai Penyakit? Ikuti Pola Makan Yang dicontohkan Oleh Rosulullah

Sumber : www.freepik.com--

Selain itu, garam berguna untuk melindungi manusia dari makhluk halus dan sihir.

Cara Rosululloh Mengunyah Makanan 

Rasulullah akan mengunyah makanan sebanyak empat puluh kali untuk membuatnya benar-benar lumat agar perut kita senang memprosesnya.

Membaca Basmalah 

Untuk mencegah penyakit, bacalah Basmalah sebelum makan. Karena bakteri dan racun telah berjanji dengan Allah, apabila Basmalah dibaca, bakteri dan racun akan musnah dari sumber makanan.

Tidak Meniup Makanan 

Menurut hadis dari Ibnu Abbas ra., yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan at Tirmidzi, Nabi saw. melarang penghembusan nafas dan peniupan pada bejana.

Namun, siapa yang mengira? Jika demikian, hadis di atas menunjukkan sifat cepat, rakus, dan tidak sabar. Akibatnya, larangan meniup makanan itu diungkapkan oleh dunia medis.

Semua orang tahu bahwa dalam proses pernafasan, udara yang kita hirup terdiri dari oksigen (02) dan karbondioksida (CO2).

Jadi, ketika kita meniup makanan, perpaduan keduanya menghasilkan H2CO3, asam karbonat, yang akan mempengaruhi tingkat keasaman darah, membuatnya lebih asam dari seharusnya, menyebabkan asidosis, penurunan pH makanan.

Apakah asidosis termasuk dalam kategori bahaya? Jawabannya adalah iya, terlebih lagi orang yang mengalami asidosis berat akan mengalami kelelahan yang luar biasa, mengantuk, dan bahkan mual.

BACA JUGA:Wah! Ternyata Begini Pandangan Islam Tentang Penggunaan Parfume Beralkohol

Menggunakan Tiga Jari 

Sekarang ini, kebiasaan ini kadang-kadang tidak digunakan. Namun, yang perlu kita ketahui adalah bahwa menggunakan tiga jari sebagaimana dijelaskan oleh Ka'ab bin Malik, yang diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Rasulullah saw. sering menggunakan tiga jari saat makan.  

Saat Anda makan, gunakan tiga jari untuk mengukur seberapa kecil makanan yang masuk ke mulut Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: