Warga Ciamis Ciptakan Mesin Pengolahan Kopi Canggih, Sudah Dipasarkan ke Berbgai Daerah di Indonesia

Warga Ciamis Ciptakan Mesin Pengolahan Kopi Canggih, Sudah Dipasarkan ke Berbgai Daerah di Indonesia

Foto: Rudiat--

RADAR TASIK TV - Ternyata tidak hanya dikenal sebagai penghasil kopi unggulan jenis robusta, Kecamatan Rajadesa belakangan ini mulai berkembang menjadi tempat industri pembuatan mesin pengolahan kopi berteknologi tinggi.

Terobosan ini dicetuskan oleh Emin Muhaemin, seorang perajin kopi Rajadesa yang kini sedang menggeluti bisnis pembuatan mesin roasting kopi, mesin karya Emin terbilang canggih dimana mesin tersebut dapat di operasikan menggunakan smartphone, berkat inovasinya ini Emin kini mampu meraup pendapatan hingga ratusan juta rupiah.

Mesin roasting kopi buatan Emin ini, sudah dipasarkan ke berbgai daerah di indonesia. Mesin roasting ini dijual dengan kisaran harga mulai dari 8 juta hingga 45 juta rupia .

Disampaikan Emin, ide awal pembuatan mesin roasting ini, untuk membantu para petani yang ada di daerahnya agar dapat mengolah kopi dengan cara yang praktis, namun rasa yang dihasilkannya tidak kalah dengan barista profesional.

Selain memproduksi mesin roasting, Emin juga membuat mesin pencuci biji kopi, dia berharap inovasinya ini dapat terus berkembang serta bersaing dengan mesin buatan pabrik.

BACA JUGA:Reaktivasi Bandara Wiriadinata Dilayani Maskapai Citilink

Simak Selengkapnya Dalam Berita Video Berikut Ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: