Ini Manfaat Alpukat Yang Jarang Diketahui, Dapat Menghindari Cacat Janin Hingga Mencegah Kanker

Ini Manfaat Alpukat Yang Jarang Diketahui, Dapat Menghindari Cacat Janin Hingga Mencegah Kanker

sumber : LotteMart--

RADAR TASIK TV – Selain rasanya enak, alpukat banyak sekali manfaatnya.      

Manfaat alpukat diperoleh dari beragam nutrisi yang terkandung pada buah berwarna hijau ini. Selain bernutrisi, buah alpukat juga memiliki rasa yang nikmat dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan.

Buah berwarna hijau ini juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah berbagai jenis penyakit.

Selain banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, alpukat yang memiliki nama latin persea americana ini juga banyak khasiat untuk kecantikan. Namun ada juga khasiat yang belum banyak orang diketahui loh.

BACA JUGA:Mengenal Resep Es Krim Alpukat Lembut, Enak, Gampang Buatnya

Berikut manfaat alpukat yang jarang diketahui :

1.  Mencegah Kanker

Dalam penelitian, ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium.

Hal ini menunjukan, kalau avicado bisa berguna untuk pencegahan kanker. Bahkan, buah ini juga disebut sebagai salah satu obat untuk membantu penyembuhan kanker.

2. Menghindari Cacat Lahir Pada Janin

Alpukat mengandung folat yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Selama kehamilan, kebutuhan folat akan meningkat untuk mendukung pembentukan sel dan jaringan baru.

Dikutip dari jurnal Nutrients (2016), folat merupakan zat gizi yang paling terkenal untuk mencegah bayi lahir cacat, seperti mengalami spina bifida dan cacat tabung saraf.

Oleh karena itu, para peneliti mengatakan bahwa alpukat merupakan suntikan gizi yang amat cocok untuk ibu yang sedang hamil.

BACA JUGA:7 Khasiat Jus Alpukat Kaya Nutrisi, Vitamin, Dan Bikin Kenyang

 

3. Membantu Kesehatan Kulit Manfaat alpukat bagi kecantikan berasal dari kandungan vitamin C dan vitamin E yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit.

Intinya, alpukat ternyata dapat membantu menjaga kelembapan pada kulit.

Vitamin C memicu produksi lapisan pelindung kulit yang terbuat dari lipid atau lemak. Selain itu, vitamin E juga merangsang produksi minyak kulit atau sebum.

Vitamin C dan vitamin E juga bersifat sebagai antioksidan sehingga membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat faktor lingkungan.

4.  Buah Untuk Detox Tubuh Dari Racun

Alpukat mengandung Glutathione merupakan antioksidan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam detoksifikasi tubuh dan mengurangi kerusakan sel akibat antioksidan.

Gluathione dapat mendetoksifikasi racun xenobiotik dan komponen endogen, tubuh yang sudah tidak memiliki fungsi lagi.

Alpukat ternyata mengandung glutathione yang lebih banyak dari buah-buahan lainnya. Itu sebabnya, alpukat dapat menjadi agen detoksifikasi yang paling efektif untuk tubuh (Bhuyan et al., 2019; Pizzaro, 2014).

1.  Mengurangi Kolesterol

Buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol seperti LDL dan tringliserida. Kolesterol jahat sendiri selama ini jadi penyebab utama penyakit jantung yang merupakan penyakit paling mematikan di dunia.

Selain itu, manfaat buah alpukat untuk dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL hingga 11%.

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Buah Alpukat, Ternyata Kandungannya Dapat Menyamarkan Keriput Wajah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: