Contoh Pekerjaan Digital Marketing, Gaji Hingga Cara Mencari Lowongan Pekerjaan
digital marketing, foto: canva--
Contoh Pekerjaan Digital Marketing, Gaji Hingga Cara Mencari Lowongan Pekerjaan
RADAR TASIK TV – Pekerjaan digital marketing saat ini merupakan pekerjaan paling dicari.
Kemajuan teknologi yang terus berkembang membutuhkan orang-orang yang kompeten di bidang digital, dan salah satu pekerjaan yang paling dicari adalah digital marketing.
Bekerja sebagai digital marketing memiliki tanggung jawab di berbagai bidang digital seperti merancang, menerapkan, dan memantau strategi pemasaran digital untuk bisnis atau perusahaan.
Tugas-tugas utama dari seorang digital marketing tidak terbatas pada analisis pasar dan riset kata kunci saja.
Namun, juga meliputi mengelola media sosial, kampanye iklan digital, SEO (Search Engine Optimization), dan analisis data.
BACA JUGA:Jangan-Jangan Baru Sadar, Ini Loh Alasan Kenapa Di Kamar Hotel Tidak Ada Jam Dinding!
Contoh Pekerjaan Digital Marketing
Berkarir sebagai digital marketing memiliki cakupan pekerjaan yang cukup luas.
Setiap bidang karier tersebut memiliki ranah kerja dan tugas masing-masing.
Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan sebagai digital marketing, serta job description-nya:
1. Copywriter dan Content Writer
Bekerja sebagai copywriter dan content writer, sesuai dengan namanya membutuhkan keahlian menulis.
Seorang copywriter/conten writer memiliki tugas harus membuat judul yang menarik dan membuat konten untuk blog atau website, caption di media sosial, iklan digital, maupun marketing email.
Tidak hanya itu, mereka juga harus ahli dalam menganalisa target audience.
Meskipun pekerjaan sama-sama bergelut dibidang menulis, ternyata copywriter berbeda dengan content writer.
Tugas copywriter adalah membuat kampanye iklan dan konten di media sosial, sedangkan content writer memiliki tugas menulis konten artikel dalam bentuk yang panjang.
BACA JUGA:Minat Jadi Freelancer? Ini Contoh Pekerjaan Serta Skill Yang Harus Dikuasi!
2. PPC (Pay-per-Click) Specialist
Contoh pekerjaan di bidang digital marketing yang lainnya adalah PPC (Pay-per-Click) Specialist, yang bertanggung jawab untuk membuat iklan yang efektif dengan biaya minimal.
Dalam pemasaran digital, iklan dapat ditempatkan di berbagai platform online seperti media sosial, mesin pencari, aplikasi, dan situs web.
Tugas lainnya dari seorang PPC specialist adalah berfokus memantau dan melakukan optimasi iklan agar biaya yang dikeluarkan sekecil mungkin dan hasilnya sebaik mungkin.
BACA JUGA:Cara Mencari Lowongan Kerja Lewat Internet: Wajib Perhatikan ini Agar Tidak Kena Tipu
BACA JUGA:10 Strategi Mencari Kerja Yang Efektif Dan Tepat Sasaran, Siap-Siap Dipanggil Interview
3. Social Media Marketing (SMM)
Tugas dari social media marketing adalah harus mampu menarik minat konsumen, dengan membuat konten semenarik mungkin.
Sebuah perusahaan perlu membangun brand awareness agar dikenal oleh calon konsumen.
Brand awareness dapat dibangun di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
4. Email Marketing Specialist
Email marketing specialist adalah seorang ahli pemasaran digital yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengelola email pemasaran untuk meningkatkan engagement dan penjualan.
Mereka juga bertanggung jawab untuk menganalisis data dan mengukur keberhasilan campaign yang dilakukan melalui email.
5. SEO Specialist
Seorang SEO Specialist bertanggung jawab untuk mengoptimalkan situs website agar muncul di halaman pertama dan posisi teratas pada hasil mesin pencari.
Tugas-tugasnya meliputi penelitian keyword, analisis konten situs, dan meningkatkan traffic ke situs.
6. KOL (Key Opinion Leader) Specialist
KOL atau Key Opinion Leader dalam dunia digital marketing adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini, perilaku, dan keputusan konsumen dalam membeli produk atau menggunakan layanan tertentu.
Dalam digital marketing terdapat suatu bidang karier yang berfokus dalam mengatur seorang KOL.
Posisi ini disebut dengan KOL Specialist.
Gaji Digital Marketing dan Cara Mencari Lowongan Pekerjaannya
Penghasilan sebagai digital marketing di Indonesia sangat bervariasi, mulai dari UMR hingga 2x lipatnya untuk level junior, dan 3 - 5x lipat untuk level manajerial.
Namun nominal gaji tersebut juga ditentukan oleh skala perusahaan tempat bekerja.
Jika tidak puas bekerja sebagai digital marketing di Indonesia, bisa juga mencari lowongan kerja digital marketing di luar negeri.
Jika tidak berhasil mendapat full time contract, maka bisa memulai karier internasional dengan jadi freelancer.
Bayaran seorang full stack digital marketing bisa mencapai $5 - $20/jamnya.
Untuk mencari lowonfan pekerjaan sebagai digital marketing bisa membuka situs lowongan pekerjaan terpercaya, baik itu dari dalam maupun luar negeri.
Namun tetap harus waspada agar tidak mudah kena tipu.
Carilah situs pencari kerja dengan rating dan review yang bagus, serta terpercaya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: