Program Inovasi Kesehatan “GPS RT” Dan “Tepas” Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare Di Lingkungan Margasari

Program Inovasi Kesehatan “GPS RT” Dan “Tepas” Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare Di Lingkungan Margasari

Program Inovasi Kesehatan “Gps Rt” Dan “Tepas” Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare Di Lingkungan Masyarakat--

Rangkaian acara dalam kegiatan sosialisasi dan grandlaunching program GPS RT dan TEPAS yang paling utama adalah pemberian materi sosialisasi yang menyampaikan tentang masalah kesehatan di lingkungan Margasari, bahaya dan cara penanggulangan penyakit diare, serta cara pengolahan sampah dan demonstrasi pembuatan pupuk kompos organik beserta dengan media ember tingkat pupuk kompos cair.

Setelah penyampaian materi dan demonstrasi berakhir, rangkaian acara selanjutnya yakni sharing dan diskusi. Diskusi yang berlangsung juga sangat aktif karena masyarakat memberikan respon melalui pertanyaan-pertanyaan tentang program dan pengelolaan sampah.

Mereka sangat antusias dengan kegiatan dan program yang dibuatkan ini karena menambah wawasan dan pengetuan mereka tentang pengelolaan sampah yang baik. Disamping itu, mereka juga memberikan respon yang positif semoga dapat mengaplikasikan program GPS RT dan TEPAS di lingkungan Margasari.

Kegiatan sosialisasi GPS RT dan TEPAS ditutup dengan melakukan foto bersama dan grandlaunching program dengan memberikan simbolisi set perlengkapan pengelolaan sampah berupa ember komposter organik dan ember tutup anorganik kepada tokoh masyarakat setempat.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Tasikmalaya Mulai Distribusikan Sejumlah Logistik Ke Daerah, Rampung Berapa Hari?

Media yang diberikan yakni berjumlah 5 set pengelolaan sampah yang nantinya akan dipakai oleh 5 rumah sebagai percontohan.

Disamping itu, mahasiswa juga memberikan media edukasi berupa leaflet dan poster kepada masyarakat agar penyebaran informasi mengenai program ini dapat sampai kepada seluruh masyarakat yang berada di lingkungan Margasari.

Pengukuran peningkatan pemahaman masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi dan grandlaunching program inovasi GPS RT dan TEPAS ini diukur dengan melakukan Pre-test dan Post-test.

Berdasarkan hasil uji Wilcoxon hasil melakukan Pre-test dan Post-test menunjukkan hasil adanya peningkatan pemahan dan pengetahuan masyarakat setelah pemberian materi.

BACA JUGA:Mau Daftar KIP Kuliah 2024? Ini Syarat Minimal Gaji Orang Tua Sebagai Bukti Keterbatasan Ekonomi!

Harapannya kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat sehingga menciptakan lingkungan Margasari yang bersih, sehat, dan terbebas dari penyakit diare.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: