Mahasiswa Unsil Jurusan Kesehatan Masyarakat Membentuk Program Kesehatan Bernama " SI ELNINO"

Mahasiswa Unsil Jurusan Kesehatan Masyarakat Membentuk Program Kesehatan Bernama

Mahasiswa Unsil Jurusan Kesehatan Masyarakat Membentuk Program Kesehatan Bernama " SI ELNINO"--

Mahasiswa Unsil Jurusan Kesehatan Masyarakat Membentuk Program Kesehatan Bernama " SI ELNINO"

 

RADAR TASIK TV - Mahasiswa Universitasa Siliwangi Jurusan Kesehatan Masyarakat membentuk program kesehatan yang bernama "SI ELNINO" singkatan dari Inovasi Alternatif Penurun Hipertensi Citangkolo yang diselenggarakan pada tanggal 27 januari 2024 di Dusun Citangkolo, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar

Pembentukan program kesehatan dan intervensinya merupakan salah satu rangkaian kelanjutan dari kegiatan pada Praktik Belajar Lapangan yang dilakukan di Banjar. 

BACA JUGA:Mahasiswa PBL 2 Kesehatan Masyarakat Unsil Melakukan Keagiatan Edukasi Program Inovasi

Kegiatan Intervensi program pada Praktik Belajar Lapangan (PBL) 2 ini dirumuskan berdasarkan hasil Community Diagnosis yang dilaksanakan pada PBL 1 yaitu di bulan Agustus 2023. 

Hasil dari Community Diagnosis ditemukan bahwa Masyarakat Dusun Citangkolo banyak yang menderita penyakit Hipertensi yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, tingginya konsumsi garam, serta kurangnya konsumsi sayur dan buah. 

Maka dari itu, Mahasiswa PBL Universitas Siliwangi Kelompok 10 "Harsaya Raespati" beranggotakan 10 orang, Adhynda Maulyna, Iqbal Septianto, Ruhyatin Nisfu, Annisa Nurul Aikah, Nurul Azizah, Ratu Dhia Ulhaq, Salma Waisya, Nadiva Tasya, Aldian Dwi Fartisan, dan Intan Aulia Almaida membentuk program kesehatan "SI ELNINO". 

Program ini dicanangkan sebagai salah satu bentuk intervensi terhadap masalah penyakit hipertensi di kalangan masyarakat Dusun Citangkolo.

Program ini menyerukan masyarakat untuk lebih memperhatikan bahwa pentingnya konsumsi sayur khususnya pada penderita hipertensi dengan sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah penderita yaitu sayuran pakcoy dan seledri. 

BACA JUGA:Mahasiswa Unsil kesmas Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Bertajuk Pematuk Pohon TOJ

Pada program SI ELNINO ini juga Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Siliwangi memberikan bibit tanaman pakcoy dan seledri yang hasilnya di distribusikan oleh kader kepada penderita hipertensi melalui program POSBINDU atau Posyandu Lansia. 

Selanjutnya terdapat acara Training of Trainer yang mana pihak BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) memberikan sosialisasi juga mendemontrasikan cara penanaman pakcoy dan seledri agar dapat dipraktikan di rumah atau halaman masing-masing. 

Program SI ELNINO sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Dusun Citangkolo khususnya dalam menurunkan tekanan darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: