Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 3 Waktu Berdoa Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan

Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 3 Waktu Berdoa Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan

Jangan Sampai Terlewatkan, Ini 3 Waktu Berdoa Paling Mustajab Saat Bulan Ramadhan- Tiktok @umasuniofficial @j.langit21--

Sahur adalah waktu menjelang fajar ketika umat Islam bangun untuk menikmati sajian makanan sebelum memulai puasa sepanjang hari.

Waktu sahur adalah momen yang sangat istimewa karena pada saat itu umat Islam menunaikan sunnah Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW telah menganjurkan umatnya untuk melakukan sahur sebelum berpuasa.

Dalam sebuah hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Sahur adalah barakah yang tidak boleh ditinggalkan, maka sekalipun hanya dengan meminum segelas air, maka minumlah.”

Saat sahur adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa memohon keberkahan, perlindungan, dan keampunan kepada Allah SWT.

Karena pada saat itulah seseorang telah menunjukkan ketulusan dan keikhlasan dalam beribadah dengan bangun di tengah malam hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Maka, berdoa di waktu sahur adalah amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam.

Memohon kepada Allah agar memberkahi puasa yang dilakukan, memberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah, dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan adalah beberapa contoh doa yang bisa dilakukan di waktu sahur.

BACA JUGA:Bacaan Do'a Buka Puasa Ramadhan Menurut Ustadz Adi Hidayat, Ternyata Ada Beberapa Versi Jangan Sampai Salah

BACA JUGA:Kapan Puasa Ramadhan 2024? Ini Perkiraan Tanggalnya Versi Pemerintah, Lengkap Dengan Cara Menyambut Ramadhan

2. Ketika Berpuasa

Selama bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa sepanjang hari dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ketika seseorang berpuasa, ia menahan diri dari makan, minum, dan tindakan-tindakan yang membatalkan puasa.

Saat berpuasa, hati dan pikiran seseorang cenderung lebih khusyuk dan terhubung dengan spiritualitas. Oleh karena itu, waktu berpuasa adalah saat yang sangat tepat untuk berdoa.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwa Aku adalah dekat.

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Al-Baqarah: 186).

Maka, ketika berpuasa, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa, memperbanyak zikir, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: