Pertama di Jawa Barat, Ciamis Meraih Adipura Kencana 2023

Pertama di Jawa Barat, Ciamis Meraih Adipura Kencana 2023

Pertama di Jawa Barat, Ciamis Meraih Adipura Kencana 2023 - Rudiat--

RADAR TASIK TV - Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat Nasional, dengan meraih Anugerah Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Selasa (05/03/2024). 

Penghargaan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini diterima langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.

Anugerah Adipura Kencana ini, merupakan penghargaan bergengsi yang baru pertamakali diraih kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan yang diraih dipenghujung masa jabatan Bupati Herdiat Sunarya ini menjadi pencapaian luar biasa, terutama dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah Kabupaten Ciamis. 

Bupati Ciamis, yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan daerah selama masa jabatannya, berhasil meraih penghargaan bergengsi ini berkat berbagai inovasi dan program yang diluncurkannya. 

Anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan tertinggi bagi kabupaten dan kota yang mampu menunjukkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup yang inovatif dan berkelanjutan. 

BACA JUGA:Diharapkan Jadi Agent of Change, ini Nasihat Bupati Ciamis untuk HMI

Kabupaten dan Kota yang menjadi nominasi Anugerah Adipura Kencana diharapkan tidak hanya mengatasi tantangan lingkungan seperti pengelolaan sampah, pengendalian polusi, dan pengembangan ruang terbuka hijau (RTH), tetapi juga menjadi pusat inovasi dalam pengelolaan sampah dan RTH.

Tidak hanya itu, mereka juga diharapkan mampu mengimplementasikan sistem pengendalian dampak perubahan iklim, memanfaatkan energi terbarukan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial melalui pendekatan berbasis lingkungan dan sumber daya alam.

Dukungan penuh dari berbagai pihak di Kabupaten Ciamis telah memperkuat peran Pasukan Kebersihan dan Pertamanan (Pasukan Ungu) DPRKPLH Kabupaten Ciamis dalam membangun kebiasaan positif terkait pengelolaan sampah.

Selain itu melalui kerja sama yang erat antara OPD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan, Pengelola Bank Sampah, Relawan Peduli Lingkungan, Adiwiyata, Proklim, Tim Duitin, Tim Digitalisasi Sampah TRADISI serta Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) telah mampu mengubah pola pikir dan tindakan sehari-hari mereka terhadap sampah. 

Hal ini menciptakan partisipasi aktif dan budaya peduli lingkungan yang semakin kuat di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Ciamis.

Atas dasar itu, dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, Bupati Ciamis telah berhasil meningkatkan kualitas lingkungan dan menciptakan pola pikir yang peduli akan kebersihan di tengah masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: