Kompak, Satu Kampung Menanam Mangrove Di Kampung Dumaring, Merawat Hutan Mangrove Libatkan Siswa SD

Kompak, Satu Kampung Menanam Mangrove Di Kampung Dumaring, Merawat Hutan Mangrove Libatkan Siswa SD

Kompak! Satu Kampung Menanam Mangrove Di Kampung Dumaring, Merawat Hutan Mangrove Libatkan Siswa SD - Soni--

BACA JUGA:Langkah Perlindungan Hutan Mangrove, Tim Kolaborasi Konservasi Mangrove Dumaring Patroli Pantai

Sebagai bentuk komitmen masyarakat Kampung Dumaring terhadap pelestarian mangrove di kampung mereka, pemerintah kampung Dumaring telah menerbitkan peraturan kampung yang menetapkan kawasan mangrove Dumaring sebagai kawasan konservasi kampung.

Selain itu, pemerintah kampung Dumaring, juga telah menetapkan pelestarian mangrove, sebagai salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah kampung atau R-P-J-M-K tahun 2023-2029.

Salehuddin menilai, bergeraknya seluruh elemen masyarakat di kampung Dumaring merupakan hal penting, mengingat dalam 20 hingga 30 tahun terakhir, mangrove Dumaring telah mengalami abrasi parah.

Abrasi akibat gelombang laut, telah mengakibatkan rusak dan hilangnya tutupan hutan mangrove di kampung Dumaring sejauh 100 meter ke arah darat.

Dengan begitu, menyelamatkan hutan mangrove yang tersisa dan memulihkan mangrove di areal-areal yang dahulunya berupa hutan mangrove, adalah tindakan yang tepat dan sangat mendesak.

Menjaga kelestarian hutan mangrove dan kelestarian lingkungan, menuntut keberlanjutan dalam jangka panjang.

Oleh karenanya, tim restorasi mangrove Dumaring, mengajak serta siswa SDN 001 Dumaring beserta para guru, untuk terlibat aktif dalam kegiatan restorasi mangrove.

Tidak kurang dari enam puluh siswa SDN 001 Dumaring, didampingi sepuluh orang guru, turut ambil bagian.

Sebelum pelaksanaan kegiatan penanaman, para siswa sekolah dasar ini, mendapat paparan ringkas mengenai arti penting mangrove untuk kehidupan, dan pengarahan tentang cara menanam pohon bakau. 

Kepala SDN 001 Dumaring, Sopyan Nur, menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, penanaman mangrove merupakan bentuk edukasi bagi murid SD Dumaring, agar selalu mencintai alam sekitarnya. 

Keterlibatan siswa SDN 001 Dumaring dalam penanaman mangrove dipandang sangat penting, karena mereka akan memahami arti penting mangrove bagi kelangsungan hidup masyarakat Dumaring.

Pihak sekolah juga menilai, anak-anak dumaring akan menjadi generasi penerus untuk melestarikan dan menjaga hutan mangrove Dumaring di masa depan.

BACA JUGA:Ribuan Bibit Mangrove Mulai Ditanam, Wujudkan Restorasi Ekosistem Pesisir Pantai Dumaring

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: