Tanaman Subur Hanya Modal Garam Dapur, Ternyata Jadi Rahasia Sukses Para Petani, Begini Caranya

Tanaman Subur Hanya Modal Garam Dapur, Ternyata Jadi Rahasia Sukses Para Petani, Begini Caranya

Tanaman Subur Hanya Modal Garam Dapur, Ternyata Jadi Rahasia Sukses Para Petani, Begini Caranya. Instagram : @infarm.id--

Tanaman Subur Hanya Modal Garam Dapur, Ternyata Jadi Rahasia Sukses Para Petani, Begini Caranya

 

RADAR TASIK TV – Selain sebagai penyedap makanan, ternyata garam memiliki khasiat yang penting bagi tumbuhan, yaitu dapat membuat tanaman subur.

Hal ini karena garam tinggi akan dua unsur hara utama yaitu natrium dan klorin. Manfaat garam untuk tanaman yaitu dapat membunuh gulma dan juga membunuh mikroba yang ada di dalam tanah.

Beberapa tukang kebun juga menambahkan garam pada tanaman seperti mawar untuk membuatnya tumbuh lebih baik. Namun penggunaan air larutan garam juga perlu diperhatikan.

Karena apabila berlebihan tumbuhan justru akan merasakan dehidrasi. Sebagian besar tanaman dapat mentolerir air asin yang ada pada daun dan batangnya, namun tidak dengan air asin yang ada pada tanahnya.

BACA JUGA:Cara Membersihkan Perabotan Dapur Dengan Garam Dapur, Cukup Disikat Perabotan Dapur Jadi Seperti Baru

BACA JUGA:Ibu-Ibu Pasti Senang Kalau Tau Fungsinya, Ini Manfaat Campuran Garam dan Cuka yang Jarang Orang Ketahui

Selain dehidrasi, tanaman juga bisa keracunan karena kebanyakan garam dalam tubuhnya. Dialnsir dari akun Instagram @infarm.id, disebutkan bahwa air larutan garam dapat menyuburkan tanaman.

Selain itu terdapat beberapa manfaat dari air larutan garam ini, seperti dapat memperkuat akar dan batang, mencegah kerontokan buah dan bunga, juga mengendalikan jamur dan bakteri. Ini karena garam memiliki kandungan anti bakteri yang cukup tinggi.

Cara membuat larutan ini ialah campurkan 1 sendok teh garam dapur kedalam 1 liter air kemudian aduk hingga garam larut sempurna. Kemudian siramkan dengan takaran 200 ml pada setiap tanaman. Jangan sampai berlebih agar tanaman tetap aman.

Harganya murah, bahannya mudah dicari, dan cara pembuatannya yang mudah sehingga cara ini layak untuk dipraktekkan. Selain itu ada juga manfaat lain larutan garam untuk tumbuhan ialah:

Manfaat Garam Bagi Tumbuhan

1. Sebagai pupuk alami

Garam memiliki kandungan yang bisa menggantikan peran pupuk KCI pada dosis tertentu.

Selain itu, natrium dan klorida yang terkandung di dalamnya dapat membuat tanaman menjadi lebih kuat hingga tanaman menjadi tidak mudah untuk terserang penyakit kemudian mati.

BACA JUGA:Daun Jeruk Campur Garam Ampuh Obati Sakit Gigi, Seumur Hidup Gak Sakit Gigi Lagi

BACA JUGA:Cegah Penularan Penyakit dan virus, Usir Tikus Dari Rumah Dengan Menggunakan Garam

Pemberian garam sebagai pupuk tanaman secara rutin juga dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat.

2. Terhindar dari hama dan penyakit

Sudah menjadi rahasia umum apabila manfaat garam tidak hanya untuk manusia namun juga untuk tanaman.

Manfaat yang kedua bagi tanaman ialah dapat menghindarkan tanaman hias dari penyakit juga dapat mengusir hama yang merusak tanaman.

Cara mengaplikasikannya yaitu, larutkan 1 sendok teh garam dapur ke dalam 1 liter air kemudian kocok hingga larut lalu gunakan ke tanaman secara rutin setiap 2 minggu sekali.

3. Dapat meningkatkan kualitas daun

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh tanaman hias ialah daun atau bunganya yang mudah rontok. Manfaat garam pada tanaman hias ini dapat dirasakan apabila telah mengaplikasikan garam dalam bentuk pupuk tanaman.

Letakkan pupuk tanaman pada tanah tanaman hias dengan begitu daun tanaman hias tidak akan mudah rontok atau membusuk lagi. Selain itu daun tanaman juga tidak akan mudah keritting dan akan menampilkan warna yang lebih cerah dan bagus.

4. Baik untuk tanaman pisang dan strawberry

Pada tanaman pisang garam dapat menyebabkan tanaman pisang menghasilkan buah yang lebih banyak dan lebih berkualitas dari biasanya. Bukan hanya itu garam juga bermanfaat untuk membuat tanaman pisang tahan terhadap penyakit pisang.

Di sisi lain dilansir dari badan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia pertanian, kementerian pertanian, manfaat garam pada tanaman strawberry ialah dapat membantu proses pertumbuhan tanaman, membantu adaptasi pindah tanaman, menjaga tanaman dari serangan hama, serta menyuburkan tanaman dan mempercepat pembuahannya.

BACA JUGA:Redakan Sakit Gigi Dengan Kumur-Kumur Air Garam, Begini Penjelasan Medisnya

BACA JUGA:Kumur-kumur Pakai Air Garam Bisa Ringankan Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

Tapi perlu diperhatikan, garam yang digunakan untuk tanaman strawberry ini ialah garam Inggris. Karena jenis garam Inggris mengandung magnesium sulfat tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tanaman strawberry.

5. Meningkatkan ketahanan tanaman cabe

Manfaat garam yang terakhir ialah bermanfaat pada meningkatkan ketahanan tanaman cabe. Peningkatan ini dapat membantu tanaman cabe agar tidak mudah terserang oleh penyakit dan juga gangguan hama lainnya.

Contoh penyakit tanaman cabe yang bisa dihindari ialah kerontokan pada cabe, penyakit busuk yang dialami pada daun dan juga cabe, penyakit keriting dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: