UPDATE Gempa Garut, 72 Bangunan Di Ciamis Rusak, Pj Bupati Ciamis Ambil Langkah ini

UPDATE Gempa Garut, 72 Bangunan Di Ciamis Rusak, Pj Bupati Ciamis Ambil Langkah ini

Update Gempa Garut, 72 Bangunan Di Ciamis Rusak, Warga Diungsikan - Rudiat--

RADAR TASIK TV - Jumlah kerusakan bangunan di Kabupaten Ciamis yang ditimbulkan akibat gempa Garut, dengan  Magnitudo 6.5 terus bertambah.

Berdasarkan data terakhir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, total bangunan yang rusak sebanyak 72 unit, terdiri 67 rumah, dengan kondisi 59 rusak ringan, 7 rusak sedang serta 1 rusak berat, selain rumah gempa juga merusak sejumlah fasilitas umum, diantaranya 2 sekolah, 2 masjid serta 1 dunia usaha. 

Bangunan yang rusak akibat terdampak gempa Garut ini, tersebar di 26 Desa yang berada 15 Kecamatan di Kabupaten Ciamis, dengan jumlah kerusakan terbanyak berada di Kecamatan Cihaurbeuti, Baregbeg, Pamarican, Banjarsari dan Banjaranyar. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini, namun 3 kepala keluarga yang terdiri dari 12 jiwa hingga saat ini masih berada di pengungsian, karena rumahnya belum diperbaiki. 

Pasca kejadian, Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna langsung melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak tersebut dengan didampingi Ketua Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani dan beberapa pejabat setempat, Senin (29/04/2024). 

BACA JUGA:Wow Shin Tae-yong Tak Punya Pengalaman Kalah dari Uzbekistan, Timnas Indonesia U23 Makin Percaya Diri

BACA JUGA:KICK OFF, Ini Link Live Streaming Timnas Indonesia U23 vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U23 2024, Resmi!

Pj Bupati Ciamis dalam peninjauannya menyampaikan rasa simpati dan solidaritasnya kepada para korban serta keluarga yang terdampak musibah tersebut.

"Atas nama pemerintah saya turut prihatin, ini adalah cobaan karena kita tidak tahu kapan musibah akan datang," ucapnya. 

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik jika terjadi gempa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengevakuasi diri ke tempat luas atau berlindung di bawah meja yang kuat. 

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menyerahkan beberapa bantuan logistik kedaruratan kepada korban terdampak seperti Paket Sembako, Selimut dan Terpal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: