Mau Beli iPhone Bekas Tapi Bimbang? Ini Dia Kekurangan dan Kelebihan Membeli iPhone Bekas!

Minggu 19-11-2023,04:00 WIB
Reporter : Klendi
Editor : Klendi

Sampah elektronik menjadi jenis sampah yang dikhawatirkan dampaknya. Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sampah elektronik di Indonesia telah mencapai 2 juta ton pada tahun 2021.

Hal ini cukup mengkhawatirkan mengingat jika bahaya dari sampah elektronik bukanlah sekadar khayalan belaka, namun nyata.

Zat yang berada pada sampah elektronik sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dan juga manusia sebab sampah elektronik dapat menyebabkan asidifikasi tanah yang dapat mencemari tanah, air dan juga udara.

Dengan kamu membeli hp bekas maka kamu telah membantu untuk mengurangi limbah elektronik. 

Kekurangan Membeli iPhone Bekas

1. Fisik iPhone yang Sudah Rusak dan Lecet

Ketika seseorang memutuskan untuk menjual iPhone nya kembali, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi: apakah iPhone yang ia gunakan sudah terjadi kerusakan, atau apakah ia memutuskan untuk berpindah pada ponsel baru? Tidak ada yang pernah tau apa alasannya pastinya.

Ketika kita membeli iPhone bekas, pasti akan selalu ada kekurangan pada iPhone tersebut. Entah itu kekurangan pada fisiknya, layarnya, baterainya ataupun yang lainnya.

BACA JUGA:5 Rekomedasi HP Gaming Harga 5 Jutaan Terbaik, Cocok Buat Mabar PUBG

Sebab iPhone tersebut merupakan bekas pemakaian dari orang lain, jadi tidak mungkin jika iPhone bekas tersebut akan terlihat sangat mulus dan sempurna. 

Selalu terdapat kerusakan pada fisik iPhone, dan yang paling sering ditemui di pasaran adalah kelecetan pada bagian belakang dan samping.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa iPhone sendiri terbuat dari komponen yang sangat mudah untuk pecah ataupun lecet. 

2. iPhone Rekondisi dan Refurbished

Di pasaran, kita seringkali menemukan iPhone keluaran lama namun dengan fisik dan fungsinya yang terasa masih seperti iPhone baru.

Mengingat jika dengan jangka pemakaian yang lama, rasanya sangat mustahil bagi iPhone bekas untuk memiliki kondisi yang sangat mulus.

Maka jika kamu menemukan iPhone bekas dengan kondisi yang masih mulus dan tidak terdapat kekurangan sedikitpun, kamu patut curiga akan hal tersebut, karena bisa saja iPhone tersebut merupakan iPhone refurbished atau rekondisi.

Kategori :