Jaga Kualitas, Hewan Kurban Dari Luar Daerah Dapat Perlakuan Khusus

Jaga Kualitas, Hewan Kurban Dari Luar Daerah Dapat Perlakuan Khusus

Hewan Kurban Dari Luar Daerah Dapat Perlakuan Khusus, Jaga Kualitas Daging Hewan Kurban Saat Nanti Disembelih - Sukirman--

RADAR TASIK TV - Menjelang Idul Adha, pedagang dadakan yang membuka lapak di Kota Banjar biasanya mendatangkan hewan kurban dari luar daerah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Setidaknya, hewan kurban didatangkan sebulan atau 14 hari sebelum Idul Adha.

Medik veteriner ahli muda Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Dokter Hewan, Lela Nurlela menjelaskan, hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah mengalami kelelahan sehingga pihaknya melakukan perlakuan khusus

Hewan kurban harus dipisahkan dari hewan kurban lainnya untuk ditreatment sehingga  kualitas daging terjaga ketika disembelih.

"Biasanya kalau bukan peternak murni atau pedagang di lapak dadakan mendatangkan sebulan sebelumnya dari wilayah lain mengalami kelelahan. Kita memberikan perlakuan diisolasi atau dipisah dari kelompok yang lain untuk dilakukan treatment. Treatment untuk menurunkan demamnya, mengurangi rasa sakitnya dan memberi vitamin sehingga tidak membahayakan dan terbawa ke daging nantinya." ujar Lela.

Dokter hewan Lela menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan petugas cek poin di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah sehingga diketahui jumlah hewan ternak untuk dipotong di RPH, dikurban dan untuk dipelihara.

BACA JUGA:ZTE nubia Red Magic 8S Pro Ponsel Gaming Baru yang Memukau

BACA JUGA:Call of Duty, Black Ops 6 Direct Semua yang Perlu Anda Ketahui!

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: