Tim Dosen dan Mahasiswa UNPER-UMB Berkolaborasi Dalam Program Pemberdayaan Desa Binaan DRTPM KEMENDIKBUDRISTEK

Tim Dosen dan Mahasiswa UNPER-UMB Berkolaborasi Dalam Program Pemberdayaan Desa Binaan DRTPM KEMENDIKBUDRISTEK

Universitas Perjuangan Dorong Desa Sukanagalih Mandiri Ketahanan Pangan dan Ekonomi--

Tim Dosen dan Mahasiswa UNPER-UMB Berkolaborasi Dalam Program Pemberdayaan Desa Binaan DRTPM KEMENDIKBUDRISTEK

 

RADAR TASIK TV - Universitas Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Mayasari Bakti, menggelar program pengabdian kepada masyarakat dengan skema Pemberdayaan Desa Binaan (PDB).

Penerapan teknologi produksi berbasis smart integrated farming digalakan guna mendukung ketahanan pangan dan ekonomi di Desa Sukanagalih, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, rabu (17/7/2024).

Rektor Universitas Perjuangan Dr. H. D. Yadi heryadi, Ir., M.Sc. menyampaikan, kegiatan tersebut menjadi salah satu implementasi tugas pokok dosen.

"Kegiatan ini adalah implementasi dari tugas pokok dosen, jadi dosen itu, kalau dikampus punya tiga kewajiban pokok, pertama kegiatan pengajaran, kedua penelitian, ketiga pengabdian masyarakat, kegiatan yang dilaksanakan hari ini oleh kawan-kawan itu salah satu implementasi dari kegiatan pengabdian masyarakat. Dan yang diabdikan ke masyarakat adalah hasil dari kajian penelitian teman-teman," Ujar Dr. Yadi.

BACA JUGA:Petugas Gabungan Sita Puluhan Ribu Batang Rokok Ilegal, Ternyata Bakal Diedarkan Ke Ciamis Dan Banjar

BACA JUGA:Lembaga Lansia Dukung Herdiat-Yana Di Pilkada Ciamis 2024, Berharap Lansia Lebih Diperhatikan

Hal senada disampaikan Rektor UMB Dr. H. Kholis mukhlis, M.Pd. Kegiatan PKM ini dilaksanakan sebagai wujud operasional karena ada dorongan ideologis dan filosofis di dalamnya.

"Kegiatan pengabdian masyarakat semacam ini bagi kami UMB, UNPER, ini hanya wujud operasionalnya karena ada dorongan ideologis, filosofis, dibalik ada mandat struktural pengabdian masyarakat." Ujar Kholis.

Program pengabdian kepada Masyarakat Unper dan UMB bermitra dengan dua kelompok tani yang ada di Desa Sukanagalih, yaitu kelompok megar bibit cihateup  dan Bumdes berdikari Desa Sukanagalih, melibatkan 20 orang dari masing masing mitra, dengan jumlah 40 orang.

Dalam program pemberdayaan Desa Binaan ini Universitas turut mengenalkan sebanyak empat produk yang dibuat oleh Dosen dan Mahasiswa.

Yaitu Artery, Smart Hatchery atau mesin tetas otomatis berbasis internet dan bertenaga hybrid, di mesin ini, pihak UNPER dan UMB menerapkan bagaimana aplikasi android tenaga surya untuk pengoprasiannya.

Kedua yaitu produk nugget itik, merupakan pengolahan daging itik apkir menjadi produk unggulan lokal Desa Sukanagalih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: