Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!

Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!

Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!--

RADAR TASIK TV – Depresi tidak selalu berkaitan dengan pikiran stres atau fisik yang lelah saja, tetapi bisa ketika kamu mengalami perasaan lelah tanpa sebab dan terjadi secara terus-menerus bisa jadi tanda bahwa kamu depresi.

Menurut Kementeria Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES), gejala depresi beberapa diantaranya yaitu kehilangan perasaan sedih atau kehilangan minatyang berlangsung lebih dari 2 pekan gangguan kecemasan bahkan mengalami kelelahan yang berlarut dan pikiran yang berlebihan.

Depresi masih bisa disembuhkan dengan bantuan yang tepat, seperti datang ke psikolog, mengonsumsi obat-obatan dan lain sebagainya. Setiap orang dapat sembuh dengan cara yang berbeda tergantung kebutuhan masing-masing orang.

BACA JUGA:Awas Kuliah Di Luar Negeri Ternyata Rentan Alami Setres dan Depresi Loh, Mau Sukses? Ini Tipsnya....

BACA JUGA:Jangan Sampai Depresi! Lakukan Tips Ini Saat Mengahadapi Dosen Killer

Dukungan positif dari orang-orang terdekat juga bisa berpengaruh terhadap proses pemulihan. Untuk mencegah depresi yang lebih parah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan

1. Ngomong ke orang yang kamu percaya

Kamu bisa curhat ke orang yang bisa kamu percaya dan mau mendengarkan ceritamu dengan baik.

Hal ini bisa membantumu dalam mengatasi depresi karena kamu bisa leluasa mencurahkan isi perasaanmu sebenarnya, sehingga beban emosionalmu sedikitnya terlepaskan.

Kamu juga bisa melihat sudut pandang lebih luas dari teman curhatmu terhadap kondisi yang sedang kamu alami.

Tentunya hal ini membantumu mencari solusi atau jalan keluar yang tepat yang mungkin kamu rasa tak terpikirkan kesana sebelumnya.

BACA JUGA:Galau Dengan Si Dia? Begini Cara Memilih Teman Curhat Yang Tepat

Dengan punya orang yang bisa mendengarkan, membuat perasaanmu diterima dan dicintai hal ini membantu meningkatkan suasana hatimu lebih senang dan mengurangi perasaan yang mengacu pada depresi.

Banyak berbagi pengalaman dan hal baru bersama teman curhat juga dapat meningkatkan hubunganmu dengan mereka.

Selain dukungan emosionalmu terpenuhi curhat dengan teman juga berpengaruh terhadap kesehatan mentalmu dan membuatmu tidak berpikir berlebihan dan memendamnya sendirian.

2. Melakukan hobi

Daripada kamu hanya mengurung diri di kamar hanya memperburuk kondisimu, lebih baik kamu mencari dan melakukan hobi baru yang bisa membantumu merubah pikiran negatif yang berlebihan dapat teralihkan dan perasaan emosionalmu merasa lebih baik.

BACA JUGA:Penting! Ini 6 Hobi Yang Bisa Mencerdaskan Otak. Hobi Kamu Juga Termasuk Gak?

Hobi juga bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat depresi, karena hobi termasuk salah satu aktivitas yang menyenangkan dan memuaskan sehingga merangsang pelepasan endorfin dalam otak.

Dengan hobi juga dapat membuat kamu merasakan rasa percaya diri dengan pencapaian yang kamu lakukan sehingga kamu merasa punya nilai yang membuat kondisimu lebih baik.

Dalam melakukan hobi juga kamu bisa menggunakan waktu yang sia-sia menjadi lebih positif dan produktif dan menikmati waktu sendiri.

Kamu bisa melakukan hobi yang sesuai dengan minatmu baik itu kesenian, olahraga, memasak dan lainnya.

Apapun hobimu lakukanlah dengan senang dan bahagia jika kamu masih belum menemukan hobi yang paling sesuai dengan dirimu, teruslah coba hobi yang baru sampai kamu menemukan hobi yang sesuai untukmu.

3. Olahraga teratur

Dalam otak kita mengenal yang namanya Endorfin atau hormon kebahagiaan maka saat olahraga otak akan secara otomatis terangsang untuk melepaskan endorfin dalam otak.

BACA JUGA:Mengenal Olahraga Found Fit Yang Lagi Hits, Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Cara Praktik Di Rumah

Proses tersebut dapat meningkatkan suasana hati dan membuat kamu lebih baik.

Dengan berolahraga juga dapat membuat anda lebih tenang dan santai karena saat berolahraga dalam tubuh melepaskan hormon stres atau yang dikenal dengan kortisol dan adrenalin.

Tak hanya itu, kualitas tidurmu juga akan jauh lebih baik saat sudah berolahraga, perlu diketahui bahwa kulaitas tidur juga dapat berpengaruh terhadap kondisi mental dan mengurangi gejala depresi.

Apalagi jika kamu melakukan olahraga ditempat umum tentunya akan bertemu banyak orang baru untuk bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang baru agar mengurangi rasa kesepian dalam hatimu dan pikiran-pikiran dan perasaan negatifmu bisa kamu tumpahkan dengan berolahraga.

4. Datang ke ahli (Psikolog)

Yang terakhir hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala depresi yaitu dengan mencari bantuan yang profesional atau psikolog untuk menentukan langkah yang tepat yang bisa kamu ambil dalam proses pemulihan kondisi yang kamu alami.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: