Banyak Yang Gak Sadar! Ini Dia Ciri-Ciri Orang Psikopat, Apakah Ada Pada orang sekitarmu?

Banyak Yang Gak Sadar! Ini Dia Ciri-Ciri Orang Psikopat, Apakah Ada Pada orang sekitarmu?

Banyak Yang Gak Sadar! Ini Dia Ciri-Ciri Orang Psikopat, Apakah Ada Pada orang sekitarmu? (Foto: Freepik)--

RADAR TASIK TV – Psikopat adalah suatu gangguan pada kepribadian seseorang, dimana terlihat pada perilaku yang terbiasa anti sosial, kurang empati dan rasa penyesalan serta sifat yang tega, tak terkontrol dan egois dalam dirinya.

Psikopat juga merupakan istilah klinis yang dipergunakan dalam ilmu psikologi atau psikiatri, sebagai penggambaran sekumpulan sifat perilaku dan kepribadian tertentu.

Dalam psikologi memiliki kepribadian psikopat adalah suatu kondisi yang kompleks dan serius. Banyak orang yang tak sadar bahwa dirinya memiliki kepribadian psikopat, dan biasanya memiliki kesulitan dalam memahami bahkan memiliki rasa empati terhadap orang lain.

BACA JUGA:Gak Ngapa-Ngapain Tapi Ngerasa Capek Banget? Bisa Jadi Tanda Kamu Depresi, Stop Overthinking!

BACA JUGA:Mengapa Ada Orang Suka Iri Melihat Orang Lain Sukses? Begini Penjelasan Psikologisnya

Untuk membahas lebih dalam yuk simak beberapa ciri-ciri kalo kamu psikopat

1. Tak tahan rasa bosan

Ciri orang psikopat sering merasa tidak tahan dengan rasa bosan, biasanya orang psikopat selalu menacri kegiatan yang menarik perhatian agar mengurangi rasa bosannya.

Mereka mengisi waktu luang mereka dengan hal-hal yang beresiko dan impulsif. Berani mengambil resiko karena merasa tidak takut atau khawatir dengan konsekuensi apapun dari tindakan yang dilakukannya.

2. Percaya diri

Orang dengan kepribadian psikopat seringkali memiliki kepercayaan diri yang tinggi, bahkan dalam suatu kelompok selalu mendominasi diantara yang lainnya.

Mereka bisa memanipulasi dan memanfaatkan kelemahan orang lain sebagai alat untuk mencapai tujuannya sendiri. Merasa yakin tanpa ragu terhadap keputusan yang diambilnya juga kurangnya empati dan rasa bersalah.

Mereka berani melakukan apapun tanpa mengkhawatirkan akibat yang akan mereka terima dan tanpa memikirkan perasaan orang lain.

3. Perilaku anti sosial yang membahayakan

Orang dengan gangguan kepribadian psikopat seringkali menjauhkan diri dari interaksi dengan orang lain, mereka melakukan apapun tanpa memikirkan konsekuensi hingga melanggar norma sosial dan hukum dengan melakukan tindak kekerasan, manipulatif hingga penipuan.

BACA JUGA:Wajib Paham! Ternyata 5 Jenis Emosi Ini Mampu Menyakiti Tubuh Kamu

Psikopat juga dapat berpotensi membahayakan terhadap dirinya sendiri maupun orang disekitarnya. Mereka berani melakukan hal yang membahayakan karena tidak merasakan empati dan keselamatan terhadap orang lain.

4. Memberikan reaksi yang pas

Orang psikopat seringkali melakukan tindaka yang terkesan pas atau sesuai dalam situasi yang sedang mereka alami. Mereka memiliki kemampuan dalam meniru perilaku dan emosi orang disekitarnya walau sebenarnya mereka tidak memiliki kemampuan untuk empati atau  memahami perasaan orang lain.

Hal ini merupakan kecerdasan emosional yang terbatas, yang mana mereka bisa berekasi bagaimana tindakan yang dilakukan dalam sosial atau emosional tertentu secara intelektual, tetapi dengan perasaan yang dalam.

5. Kurang rasa penyesalan

Orang dengan gangguan kepribadian psikopat sering tidak mempunyai rasa bersalah terhadap tindakan yang dilakukannya.

BACA JUGA:Benarkah HP Bisa Pengaruhi Psikologi Anak? Begini Penjelasannya...

Sekalipun melanggar norma sosial dan hukum, mereka tidak akan menunjukan sikap merasa bersalah atau menyesal bahkan bersikap impultif.

6. Kesulitan dalam empati

Psikopat tidak memiliki kemampuan dalam merasakan atau memahami perasaan emosional yang dialami oleh orang lain. Merasakan emosi orang lain secara tidak tepat, dan kurang responsif atau peduli terhadap apa yang dirasakan orang lain.

7. Memiliki arogansi tinggi

Psikopat selalu menempatkan dirinya diatas orang lain, dan menganggap bahwa dirinya lebih penting dan lebih berharga dari siapapun. 

Hal ini muncul karena kepercayaan diri mereka yang sangat tinggi merasa bahwa apapun dapat dicapai tanpa menghargai kontribusi dan perspektif orang lain.

Arogansi ini merupakan suatu kepribadian psikopat yang menjadi sebab dari interaksi mereka dengan orang lain menjadi buruk.

BACA JUGA:Cepat Lelah dan Suasana Hati Sering Memburuk, Hati-Hati Pertanda Kelebihan Gula, Ini Penjelasannya

8. Tidak dapat mengontrol perilaku

Orang psikopat tak jarang kurang bisa mengonrol perilaku mereka yang tanpa sadar mereka melanggar norma sosial dan hukum karena kurangnya empati dan perasaan bersalah terhadap apa yang dirasakan orang lain olehnya.

Inilah salah satu alasan pentingnya mengnali ciri-ciri orang berpotensi psikopat, jika kamu melihat ciri-ciri diatas pada orang sekitarmu atau bahkan orang terdekatmu, komunikasikan dengan ahli yang tepat atau psikolog profesional agar bisa melindungi keselamat orang yang memiliki gangguan kepribadian juga orang disekitarnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: