Si Kecil Tidak Akan Kecanduan Bermain Gadget, Jika 7 Tips Ini Bunda Praktekin Di Rumah, Yuk Simak...

Si Kecil Tidak Akan Kecanduan Bermain Gadget, Jika 7 Tips Ini Bunda Praktekin Di Rumah, Yuk Simak...

Tips Agar Anak Tidak Kecancuan Bermain Gadget (Foto :Pinterest)--

3.  Membatasi Waktu dalam Penggunaan Gadget

Mengatur waktu penggunaan gadget pada anak sangatlah penting dilakukan bagi para orang tua untuk mengontrol durasi penggunaan perangkat tersebut.

Menurut American Academy of Periatrics (2013) dan Canadian Periatrics Society (2010) menerangkan panduan mengenai durasi penggunaan perangkat elektronik adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Tak Banyak Orang Tahu, Inilah Segudang Manfaat Air Gula Merah Bagi Kucing, Bisa Mengobati Sembelit Kucing

BACA JUGA:5 Rekomendasi Tempat Prewedding Outdoor Tasikmalaya, Salah Satunya Cocok Untuk Kamu yang Ingin Berkuda!

•  Anak-anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya tidak dibiarkan berinteraksi dengan layar secara sendirian, seperti televisi, perangkat gadget, tablet, dan lain sebagainya. Mereka membutuhkan pengawasan dan pendampingan dari orang tua.

•  Anak-anak usia 2-4 tahun disarankan untuk menggunakan layar selama satu jam dalam sehari.

•  Anak-anak usia 5 tahun ke atas diperbolehkan menggunakan layar selama dua jam dalam sehari untuk hiburan, tidak termasuk kegiatan pembelajaran.

4.  Mendorong Anak Untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik baik di dalam maupun di luar rumah bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget.

Cobalah untuk mengajak anak lari pagi atau bermain sepeda, memasak, atau berkunjung ke rumah saudaranya. Intinya, kegiatan yang dapat membuat anak aktif dan lupa dengan gadgetnya.

5.  Pantau Anak Ketika Bermain Gadget

Ketika anak sedang bermain gadget, pastikan konten yang mereka tonton itu sifatnya positif. Baik konten video, game, musik, film kartun hingga aktivitas gadget lainnya harus sesuai dengan usianya.

6.  Bersikap Tegas dan Konsisten

Sebagai orang tua harus bisa bersikap tegas terhadap anaknya dan terhadap aturan yang sudah dibuat. Jangan sampai kamu merasa iba ketika anakmu menangis atau merengek karena ponselnya diambil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: