Mengenal 6 Olahraga Tradisional Indonesia yang Wajib Kita Lestarikan

Mengenal 6 Olahraga Tradisional Indonesia yang Wajib Kita Lestarikan

Yuk Kenali 6 Olahraga Tradisional Indonesia yang Wajib Kita Lestarikan (foto by pinterest)--

RADARTASIKTV.ID - Indonesia Tak Hanya Memiliki Alam yang Melimpah Namun Juga Memiliki Banyak Kebudayaan yang Tersebar dari Sabang Sampai Merauke salah satunya Olahraga Tradisional yang harus kita ketahui.

Sebagai warga Indonesia patut untuk mengembangkan dan melestarikan kebudayaan yang tersebar di berbagai macam daerah yang mana kebudayaan tersebut menjadi sebuah tradisi pada setiap daerah nya masing-masing.

Banyak warga Indonesia yang mungkin ada beberapa orang yang masih belum mengatahui apa saja kebudayaan-kebudayaan yang unik di negara kita tercinta ini.

BACA JUGA:Bersama Hornet Climbing Club, Atlet Cilik FPTI Kota Tasikmalaya Giat Latihan di Taman Dadaha

BACA JUGA:Kondisi Fisik Pemain Timnas Indonesia U19 Jadi Sorotan Indra Sjafri Jelang ASEAN Boys Championship U19 2024

Untuk itu mari kita kenali macam-macam kebudayaan unik yang terdapat di negara kita Indonesia khususnya Olahraga tradisional yang unik dan menarik.

Nah apa saja sih olahraga tradisional yang mungkin anak zaman now sekarang sudah jarang mengikuti olahraga tradisional ini, untuk mari kita kenali apa saja olahraga tradisional di negara kita tercinta ini.

Berikut Beberapa Macam Olahraga Tradisional Menarik di Indonesia:

1. Pencak Silat

Siapa yang tidak tahu dengan olahraga beladiri pencak silat ini? pencak silat merupakan salah satu olahraga yang mendunia yang sudah di kenal sejak abad ke 7.

Pencak silat silat ini juga sudah di tetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh The United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 12 Desember 2019.

Pada dasarnya pencak silat hampir mirip dengan gerakan tari namun lebih efektivitas dalam menaklukan lawan dan lebih memadukan keluwesan tubuh hingga meniru beberapa gerakan hewan.

Maka dari itu pencak silat merupakan olahraga tradisional asli Indonesia yang patut kita kembangkan di berbagai daerah agar menjadi olahraga mendunia.

BACA JUGA:Massimo Bonanni: Jika Berpikir Italia Kalah Melawan Swiss, Kami Tak Perlu Bermain Kalau Bertemu Inggris

BACA JUGA:Bruno Moreira Pakai Nomor Punggung Keramat di Liga 1 2024/2025, Jadikan Motivasi Bawa Persebaya Raih Prestasi

2. Lompat Batu

Olahraga lompat batu merupakan asli dari daerah Nias Sumatra Utara, lompat batu ini merupakan olahraga yang ekstrim dan tidak sembarang orang untuk melakukannya.

Lopat batu ini juga memliki resiko yang tinggi bagi bagi amatir atau seorang pemula karena harus melompati tumpukan batu setinggi 2 meter yang mana hal tersebut untuk menunjukan mereka sudah dianggap dewasa secara fisik.

Lompat batu juga sebagai penampilan acara adat seperti kesiapan pemuda dalam melangsungkan pernikahan atau bisa juga untuk acara pertunjukan menarik bagi orang yang berkunjung kesana.

3. Pacu Jalur

Olahraga pacu jalur berasal dari daerah riau merupakan olahraga yang seru dan menarik, di mainkan oleh satu tim yang mana adu cepat mendayung sampai ke garis finish.

Pacu Jalur ini menggunakan perahu sepanjang 25-40 meter yang dihiasi warna warni yang indah yang berpadu satu irama sangat menarik sekali jika melihat perlombaan pacu jalur ini.

Pemerintahan kabupaten Kuantan singing pacu jalur merupakan olahraga tradisional yang merupkan persistiwa terpopuler di Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Wow keren kan?

Tak hanya itu pacu jalur juga salah satu cabang olahraga resmi milik Indonesia yang di perlombakan dia acara SEA GAMES, kita patut bangga dengan ragam olahraga tradisional di indonesia yang kini semakin mendunia ini.

BACA JUGA:Fadel Ahmad Arrafi Promosi ke Tim Senior PSS Sleman, Tekadnya Ingin Bawa Laskar Sembada Masuk 6 Besar

BACA JUGA:Trik Hilangkan Kerak di Kompor yang Membandel, Cukup Dengan Beking Soda Kompor Kembali Kinclong

4. Egrang

Permainan egrang merupakan asli dari daerah jawa yang mana permainan ini hampir punah karena semakin canggih nya zaman sekarang sehingga tidak banyak lagi anak-anak yang bermain egrang.

Egrang lebih terbilang permainan bukan olahraga karena dimainkan dengan melatih keseimbangan seseorang agar tidak terjatuh, egrang ini terbuat dari bambu panjang dengan di sertai pijakan kaki untuk menaiki nya.

Namun miris nya permainan egrang ini sudah jarang lagi di mainkan karena kebanyakan anak zaman sekarang lebih memilih permainan yang ada di hanphone masing-masing.

5. Sepak Takraw

Sepak Takraw merupakan olahraga berasal dari Sulawesi selata, olahraga ini di temukan pada abad ke-15 bada masa kesultanan melayu.

Sepak Takraw ini juga mungkin sudah jarang di mainkan namun olahraga ini juga sangat unik dan menarik karena bola yang dimainkan terbuat ari bambu yang dianyam menjadi sebuah bola.

Olahraga ini juga di mainkan secara beregu sebanyak tiga orang dengan cara mainnya seperti voli namun sepak takraw ini dimainkan dengan cara disepak.

Kabar baik nya lagi sepak takraw juga sudah di pertandingkan dalam perlombaan Internasional seperti SEA GAMES maupun ASEAN GAMES.

6. Jemparingan

Olahraga ini berkembang di wilayah keraton Yogyakarta, jemparingan ini di kenal sebagai olahraga ksatria yang mana memiliki 3 nilai yaitu sawiji berarti konsentrasi, greget berarti semangat, dan ora mingkuh berarti memiliki rasa tanggung jawab.

Olahraga jemparingan ini juga dikenal sejak abad ke-17 pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono 1, dan lebih hebat nya lagi olahraga ini masih di lestarikan oleh banyak orang.

Jemparingan merupakan olahraga memanah yang mana teknik memanah nya tidak seperti biasanya dengan cara berdiri, namun jemparingan ini dilakukan dengan cara duduk bersila dengan posisi busur berada disamping sehingga posisi tubuh menjadi 90 derajat.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: