Gagal Fokus Karena Overthinking? Jangan Khawatir Coba lakukan Cara Ini

Gagal Fokus Karena Overthinking? Jangan Khawatir Coba lakukan Cara Ini

Gagal Fokus Karena Overthinking? Jangan Khawatir Coba lakukan Cara Ini (foto by pinterest)--

RADARTASIKTV - Mempunyai Pemikiran Berlebihan atau Overthinking Pastinya Sangat Mengganggu Dalam Aktivitas Sehingga Kurangnya Konsentrasi.

Memiliki sifat overthinking sangatlah tidak diinginkan namun hal tersebut sering muncul tiba-tiba dalam pikiran kita, bahkan sering mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Overthinking memang membuat pikiran menjadi tidak fokus yang mana hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti masalah pekerjaan, keluarga ,pertemanan dan faktor lain yang belum terjadi.

BACA JUGA:Mudah Bosen Saat Belajar? Berikut Tips Agar Belajar Semakin Semangat dan Tidak Membosankan

BACA JUGA:Dana Awal Kampanye Herdiat-Yana Hanya Rp 100 Ribu, Belum Terima Sumbangan Dari Pihak Manapun

Nah bagaimana agar sifat pemikir yang berlebihan atau overthinking bisa teratasi supaya hidup semakin tenang tanpa memikirkan hal yang lain terutama hal yang membuat diri sendiri overthinking.

Berikut Beberapa Cara yang Bisa dilakukan Untuk Menghilangkan Overthinking:

1. Cari Tahu Pemicunya

Overthinking bisa terjadi disaat sedang mengadapi masalah, oleh karena itu harus mengetahui bagaimana masalah itu supaya tidak dipikirkan secara berlebihan.

Maka dari itu usahakan fokus pada masalah yang sedang dihadapi, berpikirlah untuk bagaimana cara jalan keluarnya agar masalah cepat terselesaikan.

Jangan sampai masalah tersebut sampai menyita pikiran anda, alangkah baiknya cari solusi yang baik sehingga tidak menyita waktumu untuk memikirkan hal yang menjadi sulit dilupakan.

BACA JUGA:4 Peristiwa Penting dan Keutamaan Pada Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Yuk Simak

BACA JUGA:Menghidupkan Kembali Keunikan Rasa Tradisional 5 Makanan Asal Betawi yang Tidak Boleh Terlewatkan

2. Alihkan Perhatian

Ketika kita fokus dalam satu hal itu memang hal yang sangat wajar, namun jangan sampai berlarut-larut dalam memikirkannya sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan hal lain.

Berusahalah untuk mencari sesuatu hal yang dapat mengalihkan pemikiran tersebut agar tidak membuat stres karena pikiran yang berlebihan atau overthinking.

Cara itu bisa dilakukan dengan pergi jalan-jalan, kulineran, olahraga, mendengarkan musik, nonton film dan cara lainnya yang bisa membuat pikiran menjadi bahagia sehingga dapat teralihkan dari rasa overthinking.

Jika Overthinking itu terus berlarut-larut maka akibatnya akan mengalami resiko gangguan mental karena stres, untuk itu pikirkan dengan secukupnya agar tidak terjadi overthinking.

3. Tetapkan Batas Waktu

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan yakni dengan cara membatasi waktu dalam memikirkan hal-hal tertentu, hal tersebut dapat dilakukan ketika kita sedang mengambil keputusan.

Ketika kita semakin cepat memutuskan sesuatu maka akan mengatasi rasa overthinking, tapi dalam memutuskan sesuatu tersebut harus pertimbangkan juga dan jangan sampai terburu agar tidak salah jalan keluar.

BACA JUGA:Mengungkap Cara Bahagia yang Efektif Menurut Buku The Subtle Art Of Not Giving a F*ck Karya Mark Manson

BACA JUGA:Simulasi Kesiapsiagaan Gempa: Warga Binaan Lapas Banjar Berhamburan Tinggalkan Kamar

4. Berhenti Berasumsi

Kondisi rasa cemas ini bisa muncul dari hal yang mungkin belum terjadi, pikiran-pikiran negatif yang bermunculam menjadi salah satu penyebabnya overthinking.

Oleh karena itu berasumsi lah hal-hal positif saja agar pikiran tidak menjadi cemas sehingga sesuatu yang sudah kita pikirkan menjadi kacau karena hal lainnya.

5. Latihan Pernapasan

Mengutip dari laman National Health Services ada beberapa latihan pernapasan yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan stres karena overthinking.

  . Biarkan kaki Anda menapak ke tanah.
  . Ambil napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung selama lima detik, tidak apa jika Anda tidak mencapai hitungan kelima pada awalnya.
  . Buang napas melalui mulut secara perlahan.
  . Terakhir Ulangi teknik pernapasan tersebut selama lima menit.

Teknik tersebut bisa dilakukan ketika dalam diri kita merasa cemas atau stres yang terjadi karena overthinking agar pikiran kita lebih fress lagi.

6. Hadapi Ketakutan Anda

Untuk mengahadapi ketakutan pada diri sendiri itu memang hal yang tidak mudah, tapi ketika bisa melaluinya kita akan lagi overthinking karena kondisi tersebut.

Jika overthinking tersebut karena masalah dalam pekerjaan maka alangkah baiknya diskusikan masalah itu dengan atasan kita atau rekan kerja yang bisa menyelesaikan masalah sama-sama.

Nah yang perlu dihindari yaitu rasa takut yang ada pada diri kita, ketika rasa takut itu selalu menghantui dalam pikiran kita maka lawan lah dengan pikiran-pikiran yang positif agar tidak mengakibatkan overthinking.

7. Meditasi

Cara lain yang dapat mengatasi rasa overthinking yaitu lakukan meditasi karena dapat membuat pikiran semakin tenang, tentram bahkan meredakan pikiran yang berlebihan.

Menururt Laman Hevard health mengatakan bahwa meditasi melatih otak melepaskan pikiran-pikiran yang negatif yang kerap bisa menyebabkan stres dan juga depresi.

Dalam teknik meditasi juga dapat berpengaruh dalam mengatur kinerja amigdala, area otak yang bertanggungjawab untuk mengontrol emosi, khusunya rasa emosi dalam diri kita.

8. Berbagi Dengan Orang Lain.

Ketika dalam kondisi overthinking carilah seseorang yang dapat mendengarkan keluh kesah sedang dialami seperti teman dekat, keluarga ataupun pasangan kita hal tersebut dapat meredakan emosional dalam diri kita.

Tak hanya itu dengan berbaginya cerita kepada orang-orang terdekat bisa jadi mendapatkan masukan bahkan dukungan yang menjadi diri kita jauh lebih baik lagi dan tidak overthinking.

Maka carilah tempat dimana pikiran menjadi lebih fress dan lebih baik lagi dari sebelumnya, yang mana rasa overthinking yang terjadi pada diri kita bisa hilang dengan seiring nya waktu.

Nah itu dia beberapa macam yang bisa kita lakukan ketika dalam keadaan overthinking, memang tidak enak ketika rasa kepikiran yang berlebihan karena dapat mengganggu konsentrasi bahkan aktivitas yang akan dilakukan.

Jika Overthinking itu terus menerus terjadi dan tidak hilang maka cepat konsultasi ke dokter psikologi supaya membantu dalam cara menguranginya dan mengatasi gangguan mental  dalam diri kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: