Rekomendasi Daftar Peralatan Podcast yang Lengkap, Pemula Wajib Tau!

Rekomendasi Daftar Peralatan Podcast yang Lengkap, Pemula Wajib Tau!

Radar TV - Buat kamu para podcaster sudah punya daftar peralatan podcast apa saja nih? Biasanya peralatan yang kamu butuhkan untuk memulai podcast bermacam-macam tergantung pada tingkat profesionalisme  dan jenis podcast yang kamu produksi. Perlu kamu ingat bahwa daftar peralatan podcast setiap podcaster berbeda-beda, tergantung pada anggaran dan tujuan podcast kamu. Yuk simak rekomendasi peralatannya di bawah ini.

Ini Dia Daftar Peralatan Podcast

BACA JUGA: Tips Memulai Jadi Podcaster untuk Pemula, Kuncinya Konsisten! -Mikrofon Pertama, tentu mikrofon. Silahkan pilih mikrofon berkualitas baik untuk rekaman suara yang jernih. Kalau kamu pemula, kamu bisa pilih Mikrofon USB, seperti Blue Yeti atau Audio-Technica ATR2100x-USB. -Headset atau Headphone Alat yang satu ini akan kamu butuhkan untuk memantau suara dan audio selama rekaman podcast. -Pop Filter Pop filter membantu mengurangi bunyi "p" dan "s" yang keras saat berbicara di mikrofon. -Boom Arm atau Stand Mikrofon Kedua alat ini bisa membantu menjaga mikrofon tetap dalam posisi yang nyaman saat merekam. -Interface Audio Nah, buat kamu yang mau meningkatkan kualitas audio, kamu bisa gunakan interface audio yang lebih baik daripada yang disediakan oleh mikrofon USB. Seperti Focusrite Scarlett series. -Software Rekaman dan Editing Kamu bisa gunakan software seperti Audacity yang gratis, Adobe Audition, atau Reaper untuk merekam dan mengedit audio podcast kamu. -Soundproofing atau Sound Treatment Alat yang satu ini membantu mengurangi gema dan gangguan suara dari luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan bantalan suara, panel akustik, atau ruangan yang sudah diberi perhatian khusus.

Daftar Peralatan Podcast Selanjutnya

-Laptop atau Komputer Kamu akan memerlukan komputer atau laptop untuk merekam, mengedit, dan mengelola podcast kamu. -Pop Filter Pop filter bisa mengurangi suara bledak pada mikrofon saat berbicara. -Media Penyimpanan Selalu pastikan kamu punya penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file audio, seperti eksternal hard drive atau penyimpanan cloud . -Website atau Hosting Podcast Kamu akan memerlukan tempat untuk meng-host podcast secara online. Platform seperti Libsyn, Podbean, atau SoundCloud bisa bantu kamu nih untuk mengelola dan menyebarkan podcast. -Kamera dan Peralatan Video Buat kamu yang ingin merekam podcast dalam format video, kamu akan memerlukan kamera, tripod, pencahayaan, dan mungkin juga perangkat lunak editing video. -Aksesori Tambahan Terakhir, Kabel XLR kalau kamu menggunakan mikrofon non-USB, splitter untuk headphone jika kamu punya beberapa orang dalam rekaman, pengurangan kebisingan dan efek audio lainnya. Itulah tadi daftar peralatan podcast yang bisa kamu gunakan, peralatan setiap podcaster bisa bervariasi berdasarkan anggaran dan tujuan podcast. Buat kamu para pemula, kamu bisa memulai dengan peralatan yang lebih sederhana dan kemudian meng-upgrade seiring berkembangnya podcast. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba menjadi podcaster! (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: