Waspada Gangguan Kesehatan Penyebab Sering Mengorok

Waspada Gangguan Kesehatan Penyebab Sering Mengorok

Sumber : www.freepik.com--

- Pembengkakan Amandel

Pembengkakan amandel atau kelenjar tiroid adalah salah satu penyebab tidur mendengkur karena kondisi ini terjadi di tenggorokan, menghalangi udara yang masuk ke saluran pernapasan dan menghasilkan getaran dan suara dengkuran.

- Usia

Orang yang lebih tua mungkin lebih sering mendengkur saat tidur karena otot saluran pernapasan yang mengendur seiring bertambahnya usia. Ketika aliran udara melewati otot saluran pernapasan yang kendur, mereka akan lebih rentan bergetar.

- Rhinitis alergi

Alergi ini menyebabkan hidung tersumbat maka jalan pernapasan akan terhalang kemudian nantinya menghasilkan suara dengkuran yang keras.

BACA JUGA:Kamu Mahasiswa Semester Akhir? Persiapkan Ini Sebelum Skripsi, Dijamin Lancar

- Konsumsi rokok dan alkohol

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan mendengkur saat tidur adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol. Alkohol dapat mengendurkan otot-otot saluran pernapasan, yang menyebabkan saluran nafas menjadi lebih tertutup dan aliran udara menjadi lebih sempit, yang menyebabkan suara dengkuran. Rokok juga mengganggu saluran pernapasan.

Kondisi itu akan meningkatkan produksi lendir, yang meningkatkan penyempitan dan penyumbatan saluran nafas.

- Memiliki kelainan bentuk tulang hidung

Selain beberapa penyakit yang disebutkan diatas, memiliki kelainan bentuk tulang hidung pun dapat menjadi penyebab ngorok saat tidur. Ini karena aliran udara yang masuk ke hidung terhalang karena tulang hidung tidak berada di tempat yang seharusnya atau memiliki bentuk yang berbeda dari yang biasanya.

BACA JUGA:Mahasiswa Semester Akhir Wajib Tahu! 8 Tips Skripsi Cepat Beres

Ngorok saat tidur memang terkesan hal yang sepele, akan tetapi jika terjadi selama terus-menerus dapat membahayakan kesehatan apalagi jika sampai mengalami pernapasan terhenti selama beberapa saat.

Segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dari ngorok saat tidur untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: