Mengenal 5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Unik dan Ekstrim, Kamu Suka yang Mana?

Mengenal 5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Unik dan Ekstrim, Kamu Suka yang Mana?

goodnewsfromindonesia.id--

Jemparingan adalah olahraga memanah dengan posisi duduk bersila yang sudah ditentukan dari jarak tertentu.

Posisi busur akan berada di bagian samping posisi tubuh hingga membentuk 90 derajat.

Nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga ini yaitu Sawiji yang berarti konsentrasi, Greget yang berarti semangat, kemudian Sengguh yang berarti percaya diri dan Ora Mingkuh yang artinya bertanggung jawab.

• Pacu Jalur

Olahraga tradisional di air satu ini dinamakan pacu jalur. Pada dasarnya satu tim akan berlomba untuk adu cepat dalam mendayung dengan tim lain hingga mencapai garis akhir.

Pada awalnya olahraga ini hanya dilakukan di kampung-kampung sekitar Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar keagamaan, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Hari Raya Idul Fitri dan Tahun Baru Muharam.

Dengan peminat yang terus meningkat, pacu jalur menjadi salah satu tontonan budaya yang berhasil menarik wisatawan di kawasan tersebut. 

Dengan perahu yang memiliki panjang 25 sampai 40 meter, perlombaan ini tidak hanya bermodalkan kekuatan saja, tetapi juga kerjasama yang kuat dalam tim. 

BACA JUGA:5 Game Multiplayer Ini Bakal Bikin Kamu Ketagihan

• Pathol

Olahraga gulat tradisional dari era Majapahit satu ini muncul dan berkembang di Sarang, wilayah Rembang, Jawa Tengah.

Syarat untuk mengikuti olahraga ini adalah memiliki tubuh yang seimbang dengan lawan, kemudian kedua pihak saling berusaha mengunci lawan.

Siapa yang bisa memberikan kuncian paling lama, maka dia pemenangnya. Saat ini gulat Pathol sering digunakan sebagai pengiring ritual kepercayaan seperti menjelang purnama atau upacara sedekah laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: