Mengenal 5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Unik dan Ekstrim, Kamu Suka yang Mana?

Mengenal 5 Jenis Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Unik dan Ekstrim, Kamu Suka yang Mana?

goodnewsfromindonesia.id--

RADAR TASIK TV - Indonesia tidak hanya kaya akan flora dan fauna serta hasil bumi yang melimpah, namun juga memiliki ribuan kebudayaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu yang menjadi daya tarik kuat wisatawan luar adalah olahraga tradisional khas daerah di Indonesia. 

Olahraga tradisional yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi daya tarik wisata ini memberikan pemahaman lebih mengenai budaya masyarakatnya.

Olahraga seperti ini tentu memiliki nilai budaya dan makna yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa olahraga tradisional yang bisa kamu coba

BACA JUGA:Jangan Asal Olahraga, Ini Beberapa Jenis Olahraga yang Dianjurkan Bagi Lanjut Usia

• Pencak Silat

Pencak silat merupakan olahraga bela diri khas Indonesia yang sudah dikenal secara internasional. Hal ini sudah ditetapkan oleh The United Nation Educational, Scientific, and Cultural Organization atau UNESCO pada 12 Desember 2019 silam.

Dengan gerakannya yang unik, yang identik dengan hewan-hewan tertentu, bela diri ini hampir mirip seperti tarian, namun memiliki efektivitas tinggi untuk menaklukan lawan. 

Meskipun gerakan-gerakan pencak silat sempat disebut mengandur unsur bela diri dari Tionghoa dan India, pencak silat ini merupakan bela diri asli Indonesia.

Hal tersebut dapat dibuktikan dari pahatan relief-relief yang menggambakan sikap kuda-kuda pencak silat yang dapat ditemukan di Candi Brodobudur dan Candi Prambanan.

• Jemparingan

Olahraga tradisional satu ini berkembang di wilayah Kraton Yogyakarta.Sudah dikenal sejak abad-17, pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubowono I dan hingga saat ini terus dilestarikan oleh masyarakat di dalam area kerajaan sebagai kemampuan dasar yang harus mereka miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: