Gatal-gatal? Kenali Penyebab Gatal pada Kulit yang Patut Diwaspadai

Gatal-gatal? Kenali Penyebab Gatal pada Kulit yang Patut Diwaspadai

Sumber : www.freepik.com--

RADAR TASIK TV - Gatal adalah kondisi yang sangat umum yang sering hilang sendiri, tetapi terkadang dirasa begitu parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gatal yang parah dapat merupakan tanda penyakit yang memerlukan penanganan oleh dokter.

Gatal pada kulit mungkin terjadi di area tertentu, tetapi bisa juga terjadi di seluruh tubuh. Gatal pada kulit kadang-kadang disertai dengan gejala lain, seperti ruam atau kemerahan dan bentol-bentol di kulit.

BACA JUGA:Tokoh Bersejarah Yang Berkontribusi dalam Mewujudkan Kemerdekaan Indonesia

Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang menyebabkan gatal termasuk panu, psoriasis, kudis (scabies), cacar, kurap (infeksi jamur), folikulitis (peradangan folikel rambut), biduran (urtikaria), dermatitis (eksim), dan prurigo (gatal yang disertai ruam).

Bagian tubuh tertentu biasanya gatal dan dapat menyebar. Jika kulit yang sering berkeringat tidak dibersihkan dengan benar, gatal bahkan bisa menjadi lebih parah.

⦁ Gigitan Serangga

Serangga seperti nyamuk menggigit atau menusuk kulit dengan liur yang mengandung enzim dan protein untuk membekukan darah.

Kandungan liur ini menyebabkan reaksi alergi ringan, yang menyebabkan tubuh menghasilkan histamin, yang menyebabkan peradangan dan gatal pada area tubuh yang digigit serangga. 

⦁ Kulit Kering

Seorang yang memiliki kulit kering biasanya sering merasakan gatal karena kurangnya minyak alami (sebum) dalam kulit yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

Kondisi kulit yang kering biasanya disebabkan oleh beberapa hal, contohnya seperti menggunakan produk sabun atau produk perawatan kulit yang berbahan kimia keras, kelembaban udara rendah, mandi terlalu lama, mandi dengan air panas, terlalu lama di ruangan ber-AC.

Selain hal itu, kulit kering pun dapat terjadi karena memiliki penyakit tertentu seperti eksim atau dermatitis atopik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: