Gatal-gatal? Kenali Penyebab Gatal pada Kulit yang Patut Diwaspadai

Gatal-gatal? Kenali Penyebab Gatal pada Kulit yang Patut Diwaspadai

Sumber : www.freepik.com--

⦁ Gangguan Saraf

Tidak banyak mengetahui hal ini bahwa gangguan pada saraf pun dapat membuat kulit menimbulkan rasa gatal, Orang yang menderita gangguan saraf seperti neurodermatitis, neuropati, neuropati diabetik, herpes zoster, dan multiple sclerosis sering mengalami gatal yang buruk dan sulit diatasi.

Reaksi alergi atau iritasi terhadap bahan tertentu

Salah satu penyebab umum gatal-gatal di kulit adalah alergi. Sistem kekebalan tubuh bereaksi terlalu keras terhadap benda-benda asing.

Bahan kimia dalam sabun atau kosmetik, polusi, debu, asap rokok, dan makanan atau obat-obatan tertentu, termasuk obat herbal, adalah beberapa sumber alergi.

⦁ Penyakit sistemik

Gangguan kesehatan pun dapat menjadi resiko terkena gatal juga dapat meningkat jika ada masalah kesehatan pada organ-organ yang berhubungan dengan metabolisme tubuh manusia.

Beberapa penyakit sistemik adalah penyakit hati (hepatitis dan sirosis), gangguan aliran empedu (kolestasis), anemia (defisiensi zat besi), gangguan tiroid, diabetes, leukemia (leukemia dan limfoma), autoimun, dan celiac (autoimun yang disebabkan oleh gluten).

BACA JUGA:Perubahan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Mengulas Transformasi Makna dan Simbolisme

⦁ Perubahan hormon saat hamil dan menopause

Kondisi hormon yang tidak stabil saat wanita sedang hamil atau mengalami menopause pun dapat menyebabkan kulit gatal. Gatal yang terjadi biasanya pada bagian tubuh tertentu seperti payudara, lipatan paha, lengan, dan perut. 

Selain hal-hal di atas, menopause, yang disebabkan oleh penurunan hormon yang terjadi pada wanita yang memasuki masa menopause, juga dapat menyebabkan gatal di kulit.

Kondisi psikologis seperti stres, depresi, atau kecemasan juga dapat menyebabkan gatal di kulit.

⦁ Tidak menjaga kebersihan diri

Jika Anda kurang menjaga kebersihan diri seperti jarang mandi atau malam berganti pakaian saat berkeringat hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi lembab dan rentan terhadap perkembangbiakan jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: