Mengenal Osteoporosis - Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Masa Tulang

Mengenal Osteoporosis - Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Masa Tulang

Sumber : www.freepik.com--

RADAR TASIK TV - Osteoporosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan penurunan massa tulang dan kerapuhan tulang, sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Istilah "osteoporosis" berasal dari bahasa Yunani, yang berarti "tulang pori-pori." Penyakit ini dapat mempengaruhi siapa saja, tetapi lebih umum terjadi pada wanita setelah menopause dan pada orang tua.

Artikel ini akan membahas penyebab, gejala, diagnosis, dan pengobatan osteoporosis.

Mengutip dari WHO, di Roma, Itali 1992. Osteoporosis merupakan [enyakit dengan sifat-sifat khas seperti massa tulang yang rendah disertai dengan perubahan pada mikroarsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang.

Karena proses kepadatan tulang berkurang secara perlahan, terutama pada penderita osteoporosis senilis, penyakit osteoporosis sering disebut sebagai penyakit tanpa gejala.

Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Massa Tulang : 

Faktor Genetik

Ternyata perbedaan genetic mempunyai pengaruh terhadap derajat kepadatan tulang.

Faktor mekanis

Dengan bertambhanya usia umumnya aktifitas fisik akan menurun, sehingga beban mekanik akan berkurang dan menyebabkan berkurangnya massa tulang

Kalsium

Faktor makanan juga memegang peranan penting dalam proses penurunan massa tulang. Kalsium, merupakan nutrisi yang sangat penting.

Protein

Makanan yang kaya dengan protein akan membuat ekskresi asam amino yang mengandung sulfat melalui urin, hal ini akan meningkatkan ekskresi kalsium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: