Olahraga yang Sesuai Umur untuk Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan

Olahraga yang Sesuai Umur untuk Kesehatan Masa Kini dan Masa Depan

Sumber : www.freepik.com--

Pada masa ini, olahraga yang membantu meningkatkan kondisi fisik dan kesehatan jantung menjadi penting. Lari, bersepeda, berenang, atau latihan kekuatan ringan adalah pilihan yang bagus.

Olahraga bela diri seperti karate atau taekwondo juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan pertahanan diri dan keseimbangan mental.

BACA JUGA:Stop Rebahan! Lakukan Olahraga Ini Mudah Dilakukan dan Banyak Manfaatnya

⦁ Usia 20-an

Usia 20 tahun menjadi usia yang tepat untuk melatih kebugaran tubuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan olahraga setiap hari.

Bermain sepak bola, bola basket, atau bulu tangkis, atau bersepeda atau mendaki gunung dengan teman. Setidaknya 30 menit setiap hari harus dihabiskan untuk berolahraga. 

Selalu ingat bahwa kekuatan otot dan tulang Anda akan berkurang seiring bertambahnya usia. Karena itu, lakukan latihan kekuatan otot setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. 

⦁ Usia 30-an

Semakin bertambahnya usia, pada umur 30-an tubuh pertama kali kehilangan massa otot. Sehingga latihan beban menjadi penting untuk dilakukan.

Selain itu tulang pun mulai melemah sehingga perlu melatih penguatan tulang. Memasuki usia 30-an disarankan untuk melakukan olahraga angkat beban di pusat kebugaran atau rutin berolahraga ringan, seperti jalan cepat, jogging atau yoga.

⦁ Usia Dewasa Tengah (40-60 Tahun)

Olahraga pada usia ini harus mencakup kombinasi latihan kardiovaskular, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas.

Berenang, berjalan cepat, pilates, atau senam adalah pilihan yang baik. Penting juga untuk mempertimbangkan olahraga dengan dampak rendah untuk melindungi persendian dan mengurangi resiko cedera.

⦁ Lansia (Usia 60 tahun ke atas) 

Penting bagi lansia untuk menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Yoga, tai chi, dan senam ringan sangat membantu dalam mempertahankan mobilitas dan mencegah cedera akibat jatuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: