Bukan Sekedar Bumbu Masak, Ternyata Inilah Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan Sekedar Bumbu Masak, Ternyata Inilah Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Tangkapan layar: merdeka.com-manfaat jahe bagi kesehatan--

RADAR TASIK TV. Tahukah kamu bahwa jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Jahe merupakan salah satu tanaman yang rimpangnya biasa digunakan sebagai bumbu masak, rempah-rempah dan bahan baku untuk pengobatan tradisional. Rimpangnya mempunyai bentuk jemari yang di ruas-ruas tengahnya menggembung. 

Rasa yang dihasilkan dari rempah-rempah ini adalah dominan pedas, yang berasal dari senyawa keton bernama zingeron. 

Asal Usul Jahe

Asal usul jahe, diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Dalam penyebarannya, jahe disebarkan oleh Bangsa Austronesia yang melakukan migrasi melewati kepulauan Melayu dari Cina Tenggara hingga ke Taiwan.

Saat sedang berlayar, jahe ditanam oleh Bangsa Austronesia dan menanamnya disetiap pulau yang pernah mereka singgahi selama berlayar.

Hal inilah yang menjadikan jahe tersebar sampai ke Filipina dan Kepulauan Maluku, yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru Nusantara seperti Jawa, Papua, Sumatera hingga ke Selat Malaka. 

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan: Lakukan Ini Agar Tetap Bugar

Seiring berjalannya waktu jahe pun menjadi bahan masakan, rempah-rempah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. 

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Selain bermanfaat sebagai bumbu masak dan rempah-rempah, ternyata jahe juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan yang bisa kamu gunakan.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki kandungan senyawa bioaktif atau biasa disebut dengan gingerol dan zingeron, senyawa ini dapat berkhasiat dalam menurunkan trigliserida dalam darah dan kadar kolestrol, serta meiningkatkan aliran darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: