9 Perayaan Natal Di Indonesia, Tak Hanya Unik Tetapi Membudaya

9 Perayaan Natal Di Indonesia, Tak Hanya Unik Tetapi Membudaya

Sumber : Tirto.id--

Pokoknya, acara Marbinda nggak cuma seru buat nonton tariannya, tapi juga bikin meriah suasana Natal dengan kehangatan serta kebersamaan.

7. Flores: Meriam Bambu

Meriam Bambu di Flores bukan hanya sekadar alat perayaan semata, tetapi juga menjadi simbol penting dalam menyambut kelahiran Yesus.

Tradisi penggunaan meriam bambu ini sering terkait dengan momen-momen spesial, terutama dalam merayakan peristiwa-peristiwa penting seperti Natal.

Bunyi keras dari meriam bambu ini digunakan sebagai cara untuk memeriahkan suasana dan memberi tanda syukur serta kegembiraan atas kelahiran Yesus Kristus.

BACA JUGA:Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Pacar Jadi Tontonan Warga, Tersangka Peragakan 27 Adegan

Penggunaan meriam bambu sering kali menjadi bagian tak terpisahkan dari upacara perayaan Natal di Flores, menyatukan masyarakat dalam kebersamaan, kegembiraan, dan rasa syukur atas momen yang spesial ini.

8. Jakarta: Rabo-Rabo

Rabo-Rabo merupakan tradisi khas Jakarta yang sungguh seru! Tradisi ini bikin momen perayaan Natal makin meriah dengan permainan rakyat yang bisa bikin tawa tak berhenti.

Biasanya, Rabo-Rabo ini melibatkan berbagai permainan tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Jakarta. Mulai dari lomba tarik tambang, balap karung, hingga berbagai permainan kreatif lainnya yang melibatkan banyak orang.

Intinya, Rabo-Rabo ini nggak cuma bikin seru acara Natalnya, tapi juga nyatanya bikin hubungan antarwarga jadi makin erat.

Permainan yang penuh keceriaan ini jelas menciptakan suasana kebersamaan dan kegembiraan yang nggak terlupakan dalam perayaan Natal di Jakarta. Seru banget, kan?

9. Larantuka: Van Vare

Van Vare di Larantuka tuh keren banget, Bro! Jadi, ini tradisi perarakan malam yang dilakukan buat merayakan Paskah tapi juga berhubungan erat sama perayaan Natal.

Masyarakatnya pada berpakaian tradisional, bawa patung-patung yang menceritakan kisah dari Alkitab, sambil bawa obor dan lilin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: