Mulai Bulan Depan, Tiket Objek Wisata di Ciamis Naik 100 Persen, Termasuk Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Mulai Bulan Depan, Tiket Objek Wisata di Ciamis Naik 100 Persen, Termasuk Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu

Catat! Mulai Bulan Depan, Tiket Objek Wisata di Ciamis Naik 100 Persen, Termasuk Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu - Rudiat--

RADAR TASIK TV - Terhitung mulai 1 Maret 2024, Dinas Pariwisata (DISPAR) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket baru, untuk kesejumlah objek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. 

Setidaknya ada 4 obyek wisata yang mengalami kenaikan. Yakni Situ Lengkong Panjalu, Situs Astana Gede Kawali, Obyek Wisata Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan dan Kolam Renang Tirta Winaya. 

Tiket masuk Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu, Kecamatan Panjalu menjadi Rp 7.500. Objek Wisata ini merupakan destinasi wisata religi yang paling terkenal di Kabupaten Ciamis, karena menjadi tujuan para peziarah dari berbagai daerah di Indonesia.  

Tiket Situs Astana Gede Kawali, Kecamatan Kawali Rp 6.500. Obyek ini sebagai tempat bersejarah. Konon Astana Gede Kawali merupakan petilasan Kerajaan Galuh.

Tempat ini menjadi tujuan pelajar dan mahasiswa yang melakukan penelitian. 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Wisata Alam Eksotis di Garut, Cocok Buat Healing Caleg Yang Kalah Dalam Pemilu 2024

Kemudian Situs Budaya Ciung Wanara naik jadi Rp 6.500. Lokasinya berada di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing.

Tempat ini juga merupakan situs bersejarah peninggalan Kerajaan Galuh. Di tempat ini terdapat Gong Perdamaian Dunia raksasa. 

Terakhir, Kolam Renang Tirta Winaya, tiket masuknya anak-anak jadi Rp 5.500 dan dewasa Rp 6.500. Kolam Renang Tirta Winaya ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan legendaris.

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia mengatakan penyesuaian tarif itu berdasarkan pada Perda nomor 15 tahun 2023. 

"Penyesuaian tarif masuk akan mulai diberlakukan 1 Maret 2024," ujar Budi Kurnia, Senin (27/2/2024).

"Semua tiket sudah termasuk retribusi kebersihan dan juga asuransi. Sehingga pengunjung terlindungi, apabila terjadi sesuatu bisa diklaim asuransi," ungkap Budi.

Budi menyebut dengan penyesuaian tarif ini bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Peningkatan pelayanan Sapta pesona kepada seluruh pengunjung. 

BACA JUGA:6 Curug Mempesona Di Tasikmalaya, Cocok Untuk Yang Sedang Mencari Ketenangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: