5 Minuman Penangkal Kolesterol Saat Lebaran 2024, Cukup Campuran Bahan-Bahan Dapur

5 Minuman Penangkal Kolesterol Saat Lebaran 2024, Cukup Campuran Bahan-Bahan Dapur

5 Minuman Penangkal Kolesterol Saat Lebaran 2024, Cukup Campuran Bahan-Bahan Dapur. Ilustrasi Creative by Kartika--

5 Minuman Penangkal Kolesterol Saat Lebaran 2024, Cukup Campuran Bahan-Bahan Dapur

 

RADAR TASIK TV – Agar moment lebaran menjadi moment yang tak terlupakan, maka biasanya moment ini dimanfaatkan untuk berkumpul bersama dengan keluarga besar.

Tidak lengkap rasanya apabila kumpul keluarga tidak menghindangkan berbagai macam makanan dan minuman. Biasanya makanan yang dihidangkan ialah makanan yang mengandung santan atau memiliki kadar minyak yang tinggi.

Seperti yang kita tahu bahwa makanan dengan kandungan seperti ini mengandung kadar kolesterol jahat yang tinggi. Makanan bersantan dan berminyak boleh saja dikonsumsi namun dengan porsi yang bijak. Karena dengan porsi yang tepat kolesterol dapat terastasi.

Sebenarnya kolesterol merupakan suatu unsur yang penting dalam proses menjaga metabolisme tubuh.

Namun apabila kadar kolesterol yang terkandung dalam tubuh terlalu tinggi dapat memicu masalah kesehatan. Kolesterol yang tinggi dapat membuat tumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah.

Tumpukan lemak tersebut dapat menjadi masalah apabila telah menyumbat aliran darah dalam tubuh yang kemudian dapat memicu penyakit jantung dan stroke

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kolesterol tinggi dapat dicegah dengan beberapa cara, yaitu olahraga teratur, makan makanan yang mengandung serat tinggi, menjaga berat badan tetap ideal, hindari merokok, serta hindari stress.

BACA JUGA:Kurma Campur Jahe punya Banyak Khasiat Bagi Tubuh, Redakan Flu Hingga Turunkan Kolesterol Jahat

BACA JUGA:Rahasia Cuka Apel Untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit, Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Namun apabila kolesteros sudah terlanjur tinggi kamu dapat memulai pola hidup sehat untuk mengbatinya. Selain menggunakan obat kimia kamu juga bisa menggunakan bahan dapur sebagai alternatif menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5 Minuman Bahan Dapur Penangkal Kolesterol Saat Lebaran 2024

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang berperan untuk menghambat pembentukan kolesterol. Selain itu bawang putih juga memiliki efek farmakologis antiinflamasi yang dapat menghambat peningkatan kadar LDL atau kolesterol jahat.

Untuk mengonsumsinya kamu bisa memblender 1 buah bawang bombai, 2 siung bawang putih, dan 7-10 lembar daun sambung nyawa. Setelah semua telah tercampur halus, saring kemudian minum airnya secara rutin.

2. Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan flavonoid serta antioksidan yang memiliki manfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Agar dapat mendapat manfaatnya, kamu cukup menyediakan 15-20 lembar  daun salam dan 100 gram kulit polong kacang tanah. Kamu tinggal cuci bersih semua bahan kemudian rebus dengan 800 ml air sampai mendidih dan menyisakan 400 ml air.

BACA JUGA:Resep Herbal Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Cukup Dengan Rebusan Serai dan Kemangi, Begini Caranya..

BACA JUGA:4 Resep Jamu Kunyit Rebus Ampuh Turunkan Kolesterol, Bisa Untuk Persediaan Saat Puasa Ramadhan

Kamu bisa konsumsi air rebusan daun salam tersebut selama 2-3 kali sehari.

3. Bawang Bombai

Dilansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, ditulis bahwa bawang bombai terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Hal ini disebutkan bahwa bawang bombai memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol.

Agar dapat merasakan manfaatnya, kamu tinggal siapkan bawang bombai 1 buah, bawang putih 2 siung, daun sambung nyawa 7 lembar. Cuci semua bahan hingga bersih kemudian blender hingga halus, saring kemudian kamu bisa minum air dari racikan ini.

Dianjurkan untuk mengonsumsi minuman jus bawang bombai secara rutin supaya kadar kolesterol dalam darah menurun hingga batasan normal.

4. Kunyit

Kunyit mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh.

Untuk mendapat manfaatnya kamu tinggal rebus 25 gram kunyit, 2 buah mengkudu, serta 15-30 gram daun dewa dengan 700 ml air. Setelah direbus sampai mendidih dan menyisakan sekitar 300 ml air.

Kamu bisa saring kemudian minum air rebusan herbal tersebut 2 kali sehari.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini Khasiat Air Rebusan Tomat Untuk Menurunkan Kolesterol, Caranya Mudah dan Praktis

BACA JUGA:Turunkan Kolesterol dengan Rebusan Serai, Campuran Bahan-Bahan dan Resep Memasaknya Lengkap Disini

5. Jahe

Jahe baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Agar dapat merasakan manfaatnya, kamu cukup minum wedang jahe tanpa gula secara rutin.

Itulah 5 bumbu dapur yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi penyakit kolesterol tinggi saat lebaran 2024, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: