Jangan Anggap Sepele, Ini Khasiat Air Rebusan Tomat Untuk Menurunkan Kolesterol, Caranya Mudah dan Praktis

Jangan Anggap Sepele, Ini Khasiat Air Rebusan Tomat Untuk Menurunkan Kolesterol, Caranya Mudah dan Praktis

Jangan Anggap Sepele, Ini Khasiat Air Rebusan Tomat Untuk Menurunkan Kolesterol, Caranya Mudah dan Praktis. Ilustrasi Creative by Kartika--

Jangan Anggap Sepele, Ini Khasiat Air Rebusan Tomat Untuk Menurunkan Kolesterol, Caranya Mudah dan Praktis

 

RADAR TASIK TV - Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain buahnya, air rebusannya juga mempunya khasiat. khasiat air rebusan tomat untuk menurunkan kolesterol.

Tomat tinggi akan antioksidan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan lycopene.

Kandungan lycopene yang ada dalam tomat efekif dalam memberantas kolesterol jahat dalam darah. Maka dari itu tomat dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu tomat juga tinggi akan serat, karena itu lah tomat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

kandungan vitamin B yang ada pada tomat dapat mengatur metabolisme lemak dalam tubuh hingga dapat mengurangi kadar kolesterol.

serta banyak kandungan lainnya yang dapat menjaga metabolisme tubuh agar senantiasa sehat.

namun bagaimana cara mengonsumsi tomat agar mendapatkan khasiat khasiat tersebut? berikut cara membuanya

BACA JUGA:4 Resep Jamu Kunyit Rebus Ampuh Turunkan Kolesterol, Bisa Untuk Persediaan Saat Puasa Ramadhan

BACA JUGA:Turunkan Kolesterol dengan Rebusan Serai, Campuran Bahan-Bahan dan Resep Memasaknya Lengkap Disini

Cara Membuat Air Rebusan Tomat

Bahan:

- 4 buah tomat yang sudah matang

- Madu atau gula sesuai selera (opsional)

- 1 liter air

- Perasan jeruk nipi (opsional)

Cara Membuat:

1. Cuci tomat hingga bersih, kemudian potong kecil kecil

2. Rebus potongan tomat kedalam air mendidih kurang lebih selama 15-20 menit.

3. kemudian, saring air rebusan tomat dengan menggunakan saringan halus dengan tujuan untuk memisahkan sisa kulit dan biji tomat

4. tambahkan sedikit madu atau gula sesuai selera. jika ingin rasa yang sedikit asam anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

5. biarkan air rebusan tersebut dingin suhu ruang kemudian simpan kedalam kulkas.

BACA JUGA:Rahasia Cuka Apel Untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit, Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

BACA JUGA:5 Manfaat Minum Rebusan Daun Mangga, Ternyata Efektif Turunkan Kolesterol Hingga Mengatasi Batu Ginjal

minum air rebusan tomat ini setiap pagi sebelum sarapan selama beberapa minggu untuk menurunkan kadar koresterol.

air rebusan tomat juga dapat dikonsumsi sebagai minuman sehat sehari hari untuk menjaa kesehaan jantung serta meminimalisir risiko terserang penyakit jantung.

Selama ini masyarakat menganggap mengonsumsi sayur atau buah yang segar dan mentah dianggap sebagai bentuk terbaik karena nutrisi yang terkandung masih utuh.

Namun hal ini tidak berlaku pada tomat. Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa tomat yang sudah dimasak ternyata lebih baik disbanding tomat yang masih mentah.

Apalagi jika tomat yang dikonsumsi tersebut bertujuan untuk melawan kolesterol jahat.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam tomat yang elah dimasak mengandung lycopene lebih baik dan lebih siap untuk diserap oleh tubuh.

Lycopene ialah antioksidan yang ampuh dalam melawan kolesterol jahat. Tomat yang telah mengalami proses pemanasan mengandung lycopene dengan kualitas yang lebih baik dari pada tomat yang masih segar.

Kemampuan lycopene di dalam tomat yang sudah dipanaskan diketahui dapat mengatasi kolesterol bahkan kandungannya sama baiknya dengan statin.

Statin sendiri ialah obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk menurunkan serta mengontrol tingkat kolesterol buruk atau disingkat LDL. Obat ini bekerja dengan cara mencegah enzim HM-CoA yang akan menurangi produksi kolesterol jahat (LDL) kemudian.

Penelitian tersebut juga memperlihatkan bahwa lycopene yang terkandung dalam tomat yang telah dimasak bekerja lebih efekif dari pada statin dalam menurunkan risiko stroke.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kandungan lycopene dapat menurunkan risiko kanker, penyakit mata, peradangan, penyakit jantung, serta dapat membantu penyuburan pada pria.

Kandungan lycopene tidak hanya dapat ditemukan pada tomat, melainkan ada juga pada sayuran atau buah buahan yang memiliki pimentasi warna oranye, kunin, atau merah. Contohnya seperti semangka, papaya, jambu, serta grapefruit.

BACA JUGA: 7 Langkah Membuat Rebusan Bawang Putih yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Biar Lebih Enak Cukup Campur Bahan Ini

BACA JUGA:Penderita Kolesterol Wajib Hati-Hati, Ternyata Ada Deretan Jenis Ikan MengandungKolesterol Tinggi, Yuk Baca...

Walau lycopene direkomendasikan bagi semua orang, terutama yang memiliki penyakit kolesterol, risiko penyakit jantung, serta risiko terserang stroke, tetapi tidak disarankan untuk mengonsumsi lycopene dalam bentuk suplemen.

Maka dari itu lebih baik mengonsumsi lycopene yang terkandung dalam bahan alami seperti dalam kandungan air rebusan tomat.

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa mengonsumi air rebusan tomat tidak dapat mengganti obat obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

Konsulasikan dengan dokter apabila terdapat masalah kolesterol atau sedang dalam masa pengobatan untuk mengurangi kadar kolesterol.

Selain dengan mengonsumsi rebusan air tomat, penting juga diiringi dengan menjaga pola makan yang seimbang, menhindari konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, serta olahraga yang teratur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: