Tips Tidur Sehat Ala Dr. Cahyono: Tidur Sebelum Jam 11 Malam Tanpa Cahaya, Ini Penjelasannya

Tips Tidur Sehat Ala Dr. Cahyono: Tidur Sebelum Jam 11 Malam Tanpa Cahaya, Ini Penjelasannya

Tips Tidur Sehat Ala Dr. Cahyono: Tidur Sebelum Jam 11 Malam Tanpa Cahaya, Ini Penjelasannya. Ilustrasi Creative by Kartika--

Tips Tidur Sehat Ala Dr. Cahyono: Tidur Sebelum Jam 11 Malam Tanpa Cahaya, Ini Penjelasannya

 

RADAR TASIK TV – Dr. Chayono merupakan seorang dokter ahli pengobatan naturopathy, cara pengobatan ini menggunakan bahan alami untuk membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri.

Dokter Cahyono mengungkapkan bahwa tubuh memerlukan antioksidan agar dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Segala macam penyakit dapat masuk apabila kadar antioksidan dalam tubuh kurang atau rendah.

Tidak hanya dengan mengonsumsi buah buahan saja, ternyata menjaga pola tidur juga dapat mempengaruhi produksi antioksidan dalam tubuh.

Dr. Cahyono mengatakan bahwa pola tidur yang baik ialah tidur yang tidak larut malam. Batasan tidur malam ialah ada pada jam 22.00 dan paling telat jam 22.30, hal ini agar jam 23.00 sampai jam 01.00 tubuh sudah tertidur dengan pulas.

BACA JUGA:Sering Insomnia? Yuk Coba Seduhan Jahe, Kunyit dan Pandan Ala Dr. Zaidul Akbar Untuk yang Sulit Tidur

BACA JUGA:Susu Campur Madu Tingkatkan Kualitas Tidur, Begini Cara Mengolahnya, Mudah dan Praktis

Bukan hanya tidur pulas, dr. Cahyono juga menganjurkan bahwa tidur yang berkualitas harus lah tidur dengan tanpa cahaya. Pola tidur tanpa cahaya ini sudah diterapkan juga sedari dulu oleh Nabi Muhammad SAW.

Tujuan tidur tanpa cahaya ini dilakukan agar hormon melatonin dalam tubuh diproduksi dengan maksimal. Hormon melatonin ini lah yang kelak dapat memproduksi antioksidan di dalam tubuh.

Dr. Cahyono juga mengungkapkan bahwa orang yang tidur dengan cahaya terang benderang akan memproduksi antioksidan secara tidak maksimal di dalam tubuhnya sehingga terbentuk lah radikal bebas.

Tidur dengan keadaan lampu kamar menyala dapat menyebabkan dipagi harinya tubuh menjadi pegal pegal, migrain, kesemutan, daya tahan tubuh menurun, dan rawan terjangkit berbagai penyakit.

Kunci hidup sehat ialah mulai kebiasaan tidur dibawah jam 23.00 serta dengan kondisi tidak ada cahaya.  Jam tidur malam memiliki peran besar dalam kondisi kesehatan tubuh  dan  mental.

Adapun beberapa informasi penting tentang jam tidur yang  baik ialah :

Durasi Tidur yang Disarankan

- Dewasa

Untuk orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malamnya untuk memenuhi waktu istirahat yang memadai.

- Remaja

Untuk ukuran remaja dianjurkan untuk tidur selama 8-10 jam setiap malamnya karena pada fase ini remaja sedang memasuki masa tumbuh dan berkembang.

BACA JUGA:Membongkar Teka-teki Insomnia: Penyebab yang Tersembunyi di Balik Gangguan Tidur

BACA JUGA:Pengen Tidur Cepat dan Nyenyak? Ini Dia Caranya Agar Cepat Tidur!

- Anak -Anak

Anak-anak membutuhkan 9-12 jam tidur setiap malamnya karena waktu istirahat ini mendukung pertumbuhan, pemulihan, serta mengembangkan fungsi kognitif yang baik.

Manfaat Memenuhi Jam Tidur yang baik

1. Menjaga Kesehatan Fisik

Tidur yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu memulihkan otot, serta mengurangi risiko obesitas, diabtes, dan jugas penyakit jantung.

2. Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga jam tidur yang cukup berkaitan erat dengan kesehatan mental. Dengan menjaga kualitas tidur yang baik maka kamu dapat mengurangi risiko gangguan mood, kecemasan, jan juga depresi.

3. Dapat Meningkatkan Kualitas Pemulihan dan Regenerasi

Ketika kita sedang tertidur maka tubuh akan melakukan pemulihan serta regenerasi sel yang ada. Selain itu otak juga kemungkinan akan bekerja lebih optimal sepanjang hari.

4. Konsentrasi dan Produktivitas

Dengan tidur yang cukup maka tubuh dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, serta meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

1. Konsisten Menjaga Rutinitas Tidur

Hal ini bisa dimulai dari menciptakan kebiasaan baru untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama disetiap harinya bahkan pada akhir pekan. Hal ini dapat mengatur siklus tidur anda menjadi lebih berkualitas.

BACA JUGA:Konsumsi Gula Pasir Tidak Ada Manfaatnya Bagi Tubuh? Begini Penjelasan dr. Cahyono, Yuk Simak

BACA JUGA:Cara Makan Buah yang Benar Menurut dr. Zaidul Akbar, Dapatkan Khasiat yang Lebih Optimal

2. Menghindari Pantulan Cahaya Biru

Sebelum tidur sebaiknya kamu menjauhkan gadget dari jangkauan mu, atau sebisa mungkin hindari penggunaan gadget beberapa jam sebelum kamu tidur.

Karena gadget menghasilkan cahaya biru yang dapat mengganggu kualitas tidur mu. Dengan menjauhkan gadget maka dapat membantu tubuh untuk bersiap tidur.

3. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman dapat dimulai dengan memilih kualitas kasur yang nyaman dan baik untuk digunakan. Mematikan lampu serta menjaga suhu tetap sejuk juga dapat menciptakan lingkungan tidur yang baik.

4. Hindari Mengonsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

Kafein dapat membuat tubuh kesulitan tidur sedangkan makan berat sebelum tidur akan membuat tubuh bekerja lebih keras sehingga kantuk pun sulit untuk datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: