Ini Penyebab Diabetes yang Jarang Orang Ketahui, Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Konsumsi Obat

Ini Penyebab Diabetes yang Jarang Orang Ketahui, Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Konsumsi Obat

Ini Penyebab Diabetes yang Jarang Orang Ketahui, Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Konsumsi Obat. Ilustrasi by Kartika--

Ini Penyebab Diabetes yang Jarang Orang Ketahui, Ternyata Bisa Sembuh Tanpa Konsumsi Obat

 

RADAR TASIK TV — Diabetes ialah sebuah penyakit kronis yang kehadirannya ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Glukosa merupakan sebuah sumber energi bagi sel tubuh manusia.

Namun bagi penderita penyakit diabetes, glukosa yang masuk kedalam tubuh tidak dapat digunakan oleh tubuh sebagaimana mestinya. Kadar gula yang terkandung dalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh organ pankreas.

Tetapi bagi para penderita penyakit diabetes, pankreas tidak bisa memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tanpa adanya insulin maka sel sel tubuh tidak akan bisa menyerap serta mengolah gula menjadi energi.

Glukosa yang tidak diserap oleh sel tubuh secara maksimal akan menumpuk di dalam darah. Kondisi ini dapat membuat berbagai masalah pada organ tubuh lainnya.

Apabila tidak segera ditangani dengan tepat, maka diabetes dapat menimbulkan komplikasi yang kemudian dapat membahayakan nyawa penderitanya.

BACA JUGA:Cukup Direbus 3 Lembar, Ini Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Diabetes

BACA JUGA:Micin VS Gula Lebih Bahaya Mana? Sering Salah Kaprah, Begini Faktanya

Terdapat beberapa pola hidup yang dapat menyebabkan penyakit diabetes timbul. Seperti tidur larut malam atau begadang dapat menimbulkan gula, perut gendut menimbulkan gula, merokok juga menimbulkan gula, stress dapat menyebabkan gula, begitu pun dengan depresi akan terganggu gulanya.

Selain itu bagi pecandu narkoba, alkohol, segala macam juga tubuhnya akan terjadi peradangan yang membuat produksi insulin terhambat, dan masih banyak lagi.

Namun tidak perlu khawatir karena pengidap diabetes tipe 2 dapat sembuh kembali tanpa obat hanya dengan mengatur pola hidup sehat.

Hal ini bisa melalui cara menurunkan berat badan dengan diet sehat maka produksi insulin dapat terproduksi kembali.

Tips Memulai Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat serta menjalani hidup dengan perasaan bahagia ialah salah satu kunci utama panjang umur.

Ini karena manfaat menerapkan pola hidup sehat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh dan pikiran yang lebih positif. Adapun langkah-langkah sederhana memulai hidup sehat ialah sebagai berikut:

1. Rutin Melakukan Olahraga

Tips memulai pola hidup sehat yang pertama ialah rutin berolahraga. Tapi jangan khawatir karena kamu tidak harus selalu melakukan olahraga berat seperti jogging dan pergi gym.

Mulai lakukan dari olahraga ringan atau olahraga yang paling disukai, seperti misal berenang dan berjalan kaki. Yang paling penting ialah pastikan tubuh kamu selalu aktif bergerak setiap harinya, setidaknya selama 30 menit perhari atau 150 menit perminggu.

BACA JUGA:Konsumsi Gula Pasir Tidak Ada Manfaatnya Bagi Tubuh? Begini Penjelasan dr. Cahyono, Yuk Simak

BACA JUGA:Resep Herbal Penurun Kolesterol dan Gula Darah, Cukup Dengan Rebusan Serai dan Kemangi, Begini Caranya..

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membakar kalori dalam tubuh serta membantu untuk mengalirkan lebih banyak oksigen pada sel sel tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Apabila kamu ingin hidup sehat, maka penting untuk mengatur makanan yang kamu konsumsi agar kamu hanya mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah buahan.

Setelah itu coba lah untuk memproduksi makanan sehat imi sendiri di rumah agar kamu bisa menjamin kebersihannya.

Jika sebelumnya kamu memiliki pola makan yang tidak sehat atau masalah berat badan dan penyakit diabetes, coba catat makanan apa saja yang masuk dalam tubuh mu setiap harinya.

Hal ini dapat membantu untuk mengontrol makanan yang masuk setiap harinya sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Bukan hanya mengonsumsi makanan sehat, namun mencukupi cairan dalam tubuh sehari hari juga tak kalah penting.

Dalam menerapkan pola hidup sehat cukupi kebutuhan cairan setidaknya dengan mengonsumsi 2 liter air putih setiap harinya.

Selain sebagai upaya mengganti cairan tubuh yang hilang dan meredakan rasa haus. Mencukupi kebutuhan cairan juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal.

4. Mengelola Stress

Kesehatan tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi atau aktivitas fisik sehari hari. Namun kesehatan mental juga dapat mempengaruhinya.

Orang dengan gangguan mental cenderung lebih mudah terjangkit penyakit seperti penyakit asam lambung atau gerd.

Ketika kamu menghadapi suatu tekanan yang menyebabkan stress, coba lah menarik nafas dalam dalam kemudian hembuskan secara perlahan, lakukan berulang kali hingga tubuh terasa rileks. Apabila kamu sudah mendapat ketenangan, coba alihkan fikiran kepada hal positif seperti melakukan hobi.

5.Tidur yang Cukup

Memastikan bahwa tubuh mempunyai waktu istirahat yang cukup bisa membantu mewujudkan tubuh yang sehat dan pikiran yang positif.

Oleh karena itu usahakan anda tidur setidaknya 7-9 jam setiap harinya dengan waktu tidur dan bangun pada jam yang sama.

Supaya tidur lebih rileks ketika menjelang tidur coba lah mandi dengan air hangat sebelumnya dan mendengarkan musik yang menenangkan. Selain membuat tubuh rileks, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

BACA JUGA:Stop Mengkonsumsi Minuman Manis Setiap Hari, Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Kadar Gula

BACA JUGA:5 Minuman Penurun Gula Darah, Malam Diminum Pagi-pagi Gula Darah Turun, Begini Cara Bikinnya

6. Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Selain dapat mengobati diabetes, mengurangi konsumsi gula juga menjadi salah satu langkah pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan dari sekarang.

Ini karena asupan gula berlebih bisa menyebabkan risiko penyakit kronis lainnya. Sedangkan mengonsumsi garam secara berlebih secara rutin dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Itu lah beberapa langkah pola hidup sehat yang dapat kamu coba terapkan agar dapat mengobati penyakit diabetes secara alami. Selain mengobati penyakit diabetes, memulai pola hidup sehat juga akan meningkatkan kualitas hidup. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: