Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket di Wajan, Cukup Cemplungkan 1 Bahan Ini Ke Minyak Panas

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket di Wajan, Cukup Cemplungkan 1 Bahan Ini Ke Minyak Panas

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket di Wajan, Cukup Cemplungkan 1 Bahan Ini Ke Minyak Panas. Instagram: @anty_abdullah--

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket di Wajan, Cukup Cemplungkan 1 Bahan Ini Ke Minyak Panas

 

RADAR TASIK TV – Ikan ialah salah satu sumber sumber protein hewani yang juga kaya akan nutrisi. Bahkan beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh hanya bisa didapatkan dari ikan.

Salah satu cara mengolah ikan paling populer dan praktis ialah dengann cara menggorengnya. Namun kulit ikan akan rentan lengket dan meledak saat digoreng.

Ikan dapat meledak ketika digoreng karena kulit ikan akan mengembung berisi gas. Maka tak heran apabila banyak yang takut jika menggoreng ikan.

Karena letupan minyak dari menggoreng ikan dapat melukai apabila terkena kulit. Bekas luka minyak akan membuat kulit melepuh dan juga merasakan sensasi perih.

Namun kini kamu tak perlu khawatir lagi, karena ada tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar ikan tidak lengket dan meledak ketika digoreng. Dilansir dari akun Instagram @anty_abdullah, yuk simak ulasan selengkapnya!

BACA JUGA:Salah Masak Telur Bisa Sebabkan Kanker? Masukan Bahan Ini Agar Hasil Rebusan Telur Lebih Terlihat Segar

BACA JUGA:Resep Rahasia Turunkan Berat Badan Hingga 25 Kg, Bahannya Sederhana Bisa Masak Sendiri Di Rumah

Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket di Wajan

Ikan yang lengket pada wajan akan membuat ikan tersebut hancur saat digoreng ketika kita berusaha membaliknya.

Agar hal ini tidak terjadi maka ada sebuah trik yang bisa kamu lakukan. Yaitu cukup dengan cara mencemplungkan jahe pada minyak panas.

Hanya dengan 1 bahan maka kamu bisa menggoreng ikan dengan aman. Ini karena jahe yang dicemplungkan pada minyak panas dapat menyerap kandungan air.

Kandungan air itu lah yang membuat ikan lengket pada wajan dan meledak ketika digoreng. Oleh karena itu kamu bisa menambahkan sedikit jahe kedalam minyak panas.

Walau begitu kamu tidak perlu khawatir karena rasa jahe tidak akan menempel pada ikan. Jadi sebelum masukkan ikan kedalam penggorengan kamu bisa masukkan satu ruas jahe terlebih dahulu.

Selain menggunakan jahe, kamu juga bisa menambahkan secukupnya garam agar tips ini berjalan lebih efektif dan minyak tidak akan meletup letup ketika menggoreng.

BACA JUGA:Dear Ibu-Ibu, Ini Cara Yang Benar Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Kering Dan Basi Dalam Megicom

BACA JUGA:8 Ide Masakan Untuk Merayakan Malam Tahun Baru Bersama Keluarga, Lengkap Dengan Resepnya

Caranya cukup tambahkan secukupnya garam kedalam minyak panas. Kemudian biarkan jangan diaduk hingga garam larut sendirinya. Kamu pun bisa menggoreng ikan dengan aman tanpa takut ikan lengket atau meledak.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini:

1. Pilih wajan yang bersih dari air maupun sisa minyak

Hal ini sepele namun penting untuk diperhatikan, karena hal yang umum ini justru merupakan penyebab utama minyak meletup ketika digunakan untuk menggoreng.

Hal ini dapat terjadi karena dalam penggorengan terdapat kandungan air. Maka dari itu sebelum menggoreng pastikan penggorengan yang kamu gunakan sudah benar benar kering bersih dari air ataupun sisa minyak.

2. Jangan bolak balik makanan

Hal umum yang sering kali terjadi ketika kita baru belajar memasak ialah sering membolak balik makanan. Tapi tahu kah kamu? Hal ini justru berbahaya karena berpotenti membuat minyak meletup dan mengenai tangan.

Maka hal perlu kamu lakukan adalah hanya membalik makanan ketika dirasa satu sisi telah cukup kering atau matang.

3. Tambahkan sedikit terigu ke dalam minyak

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ketika menggoreng makanan ialah tambahkan sedikit terigu ke dalam minyak goreng sebelum menggoreng apapun.

BACA JUGA:Ajaib! Gak Cuma Buat Masak, Ini Khasiat Bawang Putih yang Jarang Orang Tahu!

BACA JUGA:Tips Cara Memakai Serai Untuk Masakan Anda Menjadi Luar Biasa

Ini karena tepung memiliki sifat yang dapat menyerap kandungan air pada bahan makanan yang akan digoreng. Hingga hal ini efektif mencegah minyak meletup ketika menggoreng.

Kamu juga bisa menggunakan tepung maizena, tapi perlu diperhatikan takaran penggunaannya hanya sedikit saja.

Itu lah beberapa tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan meledak di rumah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: