Datangkan Hewan Kurban Dari Luar Daerah, Peternak Diminta Melapor ke Dinas Untuk Pemeriksaan

Datangkan Hewan Kurban Dari Luar Daerah, Peternak Diminta Melapor ke Dinas Untuk Pemeriksaan

Datangkan Hewan Kurban Dari Luar, Peternak Diminta Lapor, Dinas KPPP Banjar Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban - Sukirman--

RADAR TASIK TV - H-7 Idul Adha, DKPPP Kota Banjar menggelar pemeriksaan hewan kurban, baik di kandang maupun lapak pedagang hewan kurban.

Hari pertama, tim terjun melakukan pemeriksaan hewan kurban di 30 kandang atau lapak di Kecamatan Banjar. Sisanya, 30 hingga 40 kandang yang tersebar di tiga kecamatan pun akan mendapat giliran serupa.

Pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan kesehatan hewan potong sebelum disembelih ini guna memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat. Seluruh hewan kurban yang dinyatakan sehat kemduian diberikan tanda sehat di sekitar leher.

Medik veteriner ahli muda Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, mengatakan tanda-tanda fisik hewan kurban yang sehat diantaranya aktivitas makan minum normal, berdiri normal, suhu tubuh normal, tidak ada darah yang keluar dari lubang-lubang kumlah dan tidak ada gejala penyakit menular.

Lela meminta peternak atau siapapun yang mendatangkan hewan kurban dari luar harus segera melaporkan untuk pemeriksaan dokumen dan kesehatan hewan kurban.

BACA JUGA:Rezaldi Hehanussa Sampaikan Terima Kasih Kepada 2 Pelatih Ini, Tak Menyangka Bisa Bawa Persib Juara Liga 1

BACA JUGA:Titik Balik Rezaldi Hehanussa, Tak Pernah Bermimpi Gabung Persib, Apalagi Juara, Kini Semuanya Berubah

"Hewan kurban yang dinyatakan sehat otomatis aktifitas makan minum normal, berdiri normal, cek suhu normal, tidak ada keluar dari dari lubang-lubang kumlah, tidak ada nampak gejala-gejala penyakit menular, mulut bersih, mata bersih dan aktifitas motoriknya bagus. Kalau ada peternak atau siapapun yang membawa hewan ternak dari luar harus melaporkan ke kita. Supaya kita investigasi dan pemeriksaan dari dari mana asal ternak dan diperiksa kesehatannya.” ujar Lela.

"Alhamdulillah lancar dan sapi-sapinya sehat. Kurang lebih 200 ekor sapi yang dipelihara dan dijual ke Tasikmalaya dan Ciamis. Tapi kebanyakan di Banjar." ujar Hendra.

BACA JUGA:Sinopsis The Plot Film Kriminal Korea Terbaru yang Menegangkan Tayang di Bioskop Indonesia!

BACA JUGA:Sinopsis Film Skyscraper Aksi Dwayne Johnson yang Menegangkan, Simak Selengkapnya!

Simak Berita Selengkapnya dalam Video Berikut ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: